Kristal Emas Terbesar di Dunia Dihargai Rp 17,2 M

Kristal Emas Terbesar di Dunia Dihargai Rp 17,2 M  

Ilustrasi emas. Jclao.com

TEMPO.COLos Alamos – Sebuah benda berukuran bola golf telah dinyatakan sebagai kristal emas terbesar di dunia. Jika umumnya sebuah kristal-kristal emas berbentuk seperti butiran-butiran pasir, benda ini memiliki ukuran yang lebih besar dengan berat mencapai 217 gram atau 7,7 ons.

Dikutip dari Live Science, Rabu, 9 April 2014, kristal emas ini ditemukan di Venezuela pada 2013 lalu. Setelah diteliti di Laboratorium Nasional Los Alamos, New Meksiko, Amerika Serikat, para ilmuwan kemudian memverifikasi bahwa potongan besar ini adalah kristal tunggal emas.

“Struktur dan susunan atom kristal emas seukuran ini belum pernah dipelajari sebelumnya. Saat ini kami memiliki kesempatan unik untuk melakukannya,” kata John Rakovan, geolog dari Universitas Miami.

Bersama rekan-rekannya, Rakovan menggunakan dua mesin canggih untuk menentukan struktur dalam bongkahan, yakni intrumen neutron single-crystal diffraction (SCD) yang digunakan untuk menentukan susunan atom kristal tunggal dan instrumen high-pressure/preferred orientation (HIPPO) untuk mengukur struktur dan orientasi krustan dalam bahan polikristalin.

Dari pengujian dengan dua alat itulah akhirnya diketahui bahwa emas ini merupakan satu kristal tunggal dan menjadi kristal tunggal emas terbesar di dunia. Saking besarnya, kristal emas tersebut ditaksir seharga US$ 1,5 juta atau setara dengan Rp 17,2 miliar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: