Terjual Rp409 Miliar, Mangkuk Mungil Ini Pecahkan Rekor

Mangkuk Meiyintang Chenghua terjual dengan harga Rp409 miliar. (REUTERS/Bobby Yip)

VIVAlife – Sebuah mangkuk anggur langka dari zaman dinasti Ming memecahkan rekor sebagai benda peninggalan budaya Tiongkok paling mahal yang pernah dilelang. Cangkir berusia lebih dari 500 tahun ini terjual dengan harga HK$281,2 juta atau setara dengan Rp409 miliar dalam lelang yang digelar di Hong Kong, Selasa, 8 April 2014.

Cangkir porselen kecil dari periode Chenghua tersebut dicat dengan gambar ayam jantan, ayam betina, dan anak ayam. Orang pun mengenalnya dengan nama “chicken cup“.

Cangkir tersebut dianggap sebagai salah satu benda paling dicari dalam dunia seni Tiongkok. Bahkan, bisa jadi setara dengan telur Faberge berhiaskan permata dari Rusia.

“Setiap kali chicken cup muncul di pasar, benda tersebut benar-benar mengubah harga di bidang seni Tiongkok,” ujar Wakil Kepala Sotheby Asia, Nicolas Chow, seperti dilansir kantor berita Reuters.

Saat ini terdapat sekitar 16 chicken cup dari periode Chenghua. Kebanyakan disimpan di museum dan hanya empat di antaranya yang berada di tengan swasta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: