Titik Cahaya Terang Misterius Ditemukan di Mars

Titik cahaya misterius di Mars.

Titik cahaya misterius di Mars.(Daily Mail)

VIVAnews – Temuan misterius kembali terlihat di permukaan planet Merah. Robot penjelajah Mars, Curiosity telah memotret sebuah titik putih terang.

Temuan ini memunculkan berbagai spekulasi, mulai dari sebagai tanda adanya kehidupan alien di planet Merah itu hingga spekulasi anomali pada foto robot penjelajah itu.

Melansir Daily Mail, 9 April 2014, foto objek misterius itu terdapat di wilayah Kimberly Mars, sebuah wilayah bebatuan.

Seorang blogger objek terbang tak teridentifikasi (UFO), Scott Waring menduga foto itu menunjukkan adanya kehidupan makhluk cerdas dari dalam tanah. Waring yakin foto itu bukan silau sinar Matahari ataupun terdapat anomali foto.

“Perhatikan dengan seksama di bagian bawah cahaya, terdapat permukaan yang sangat datar, membulatkan indikasi itu dari permukaan, bukan dari silau Matahari,” jelas Waring mencoba meyakinkan.

Sementara itu, Ben Biggs, editor majalah All About Spacememinta para ahli jangan terlalu cepat menyimpulkan, sebab cahaya itu belum dapat dijelaskan.

Atas munculnya spekulasi liar, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) akan mendalami temuan Curiosity sekaligus menganalisis batu di kawasan itu.

Temuan objek misterius itu bukan pertama kalinya muncul di Mars. Pada 25 Juli 1976, pengorbit NASA, Viking merilis sebuah gambar yang tampak seperti wajah manusia, ditemukan di Cydonia.

Namun, spekulasi itu kemudian terbantahkan 30 tahun berselang. Pada kenyataannya, objek itu hanya fenomena pareidolia, saat manusia makin terobsesi pada gambar wajah pada suatu objek.

Kemudian pada 2006, Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) mencitrakan wilayah dan mempertegas objek yang disangka wajah manusia ternyata hanya pasir, dan sudah mengalami pergeseran yang menghapus deskripsi wajah dari permukaan Mars.

Selama beberapa pekan ke depan, robot penjelajah Curiosity akan menggelar penyelidikan yang paling besar sejak kendaraan itu mendarat di planet Merah pada Agustus 2012. Penelitian akan dilpimpin Melissa Rice dari Institut Teknologi California.

Selanjutnya, setelah wilayah Kimberley diperiksa, rover penjelajah itu akan melanjutkan perjalanan ke Danau Yellowknnipe dan pegunungan Sharp. Dua wilayah itu cukup membantu mengungkap sejauh mana kehidupan di Mars pernah ada atau tidak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: