Hilang 40 Tahun, Lukisan Mahal Ditemukan di Dapur

Headline

Dua lukian karya seniman Prancis; Paul Gauguin dan Pierre Bonnard – (Foto : istimewa)
INILAH.COM. Turin, Italia – Dua lukian karya seniman Prancis; Paul Gauguin dan Pierre Bonnard — hilang sejak 1970 akibat dicuri — ditemukan tergantung di tembok dapur seorang pekerja pabrik.

Lukisan berjudul Fruits sur une Table ou Nature au Petit Chien (Buah-buahan di Meja, atau Masih Hidup dengan Anjing kecil) dan La Femme aux Deux Fauteuils (Wanita dengan Dua Kursi Roda) dicuri dari sebuah rumah keluarga di London, dibawa ke Paris dan ditinggalkan pencurinya di sebuah kereta menuju Turin.

Kementerian Kebudayaan Italia mengatakan, Rabu (3/4), dua lukisan ditemukan satuan polisi yang khusus mencari barang-barang berharaga yang hilang. Kedua lukisan diperlihatkan kepada publik, beberapa jam setelah ditemukan.

Polisi mengatakan dua lukisan hilang dari kereta menuju Turin, dan ditemukan di fasilitan penyimpanan. Dalam acara lelang properti yang hilang tahun 1974, seorang pekerja pabrik mobil Fiat yang membeli lukisan itu dengan harga 45 ribu lira, atau 30 dolar AS.

Pekerja itu menyukai lukisan, tapi tidak tahu sejarah seni dan mengenal karya-karya besar. Akibatnya, dia tidak tahu nilai sebenarnya lukisan yang dibeli.

Polisi mengatakan buruh pabrik mobil itu, yang namanya dirahasiakan, menggantung dua lukisan itu di rumahnya di Turin. Setelah pensiun, pekerja itu pindah ke Sisilia, dan membawa dua lukisan itu.

Sang pekerja tidak tahu seorang rekan, yang datang ke rumahnya dan melihat lukisan itu dengan seksama, menaruh curiga. Sang rekan melaporkan kecurigaannya ke kepolisian yang melindungi benda-benda pusaka.

Polisi segera meluncur ke rumah si pekerja, dengan membawa foto-foto lukisan hilang yang dipublikasikan New York Times, 6 Juli 1970. Kecurigaan rekan si pekerja terbukti.

Kini karya Gauguin dan Bonnard berada di tempat penyimpanan, dan dijaga ketat aparat kepolisian.

Fruits sur une Table ou Nature au Petit Chien dilukis tahun 1889. Lukisan ini ditaksir bernilai antara 10 juta dolar AS sampai 30 juta dolar AS. Namun tidak ada penjelasan berapa harga La Femme aux Deux Fauteuils di pasaran.

Gauguin adalah pelukis post-impressionis. Bonnard dipandang sebagai salah satu perupa seni modern terbesar.

Belum jelas kepada siapa lukisan itu akan diserahkan. Polisi mengatakan pemilik terakhirnya, sepasang suami-istri yang bermukim di London, telah meninggal dan tidak punya ahli waris.

“Lukisan itu masih akan bersama kami, dan akan aman,” ujar Mariano Mossa, kepala polisi benda purbakala Italia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: