Diciptakan Alat Pengatur Mimpi Indah

Bunyi-bunyi tertentu bisa mendorong seseorang mendapatkan mimpi yang indah.

VIVAnews – Pernah mengalami mimpi buruk atau aneh? Mungkin, bulan purnama tengah bersinar. Ya, meski tidak diketahui hubungannya, sebuah penelitian di Ingris mengungkap bahwa saat bulan purnama tiba, banyak orang yang akan mengalami mimpi aneh, buruk atau bahkan terlampau indah.

Dilansir Daily Mail, pada dasarnya, setiap orang memiliki mimpi yang berbeda setiap musim bahkan setiap malamnya. Tapi dalam satu minggu atau lebih, ketika bulan purnama bersinar, mereka akan mengalami mimpi yang tidak biasa. Penelitian ini dilakukan oleh Psikolog Richard Wiseman yang menganalisis pengalaman 1.000 relawan yang mengeluarkan suara ketika bermimpi.

“Misalnya, seseorang bermimpi bahwa ia terbang menaiki seekor naga, lalu turun dan naga itu pergi. Kemudian menikmati secangkir kopi bersama George Clooney. Atau yang lainnya, bermimpi menjadi superhero,” ujarnya.

Bukan hanya mimpi aneh dan menyenangkan, beberapa orang mungkin akan mengalami mimpi yang buruk atau setidaknya menyebalkan. Seperti berada di kantor sepanjang hari dan mengetik. Penelitian yang dilakukan Wiseman ini merupakan lanjutan dari penelitian yang dilakukan oleh para peneliti asal Swiss tahun lalu. Mereka mengatakan, bahwa seseorang membutuhkan waktu lama untuk tidur nyenyak atau kekrangan waktu tidur sebanyak 20 menit ketika bulan purnama tiba.

Tapi tidak hanya bulan purnama yang mempengaruhi mimpi seseorang. Produksi hormon melatonin yang berubah pun turut mempengaruhi mimpi. Lalu, apa hubungannya bulan purnama dengan mimpi? Sebuah teori pernah mengungkap bahwa ketika bulan purnama tiba, kita akan cenderung lebih peka. Ini karena sejak jaman nenek moyang, kita diminta untuk lebih waspada terhadap predator saat bulan purnama.

Untuk itu, Wiseman menciptakan sebuah alat yang bisa mengatur mimpi seseorang. Alat ini bekerja dengan cara memainkan bunyi suara burung di hutan atau gelombang yang memecah pantai. Ia berasumsi bahwa bunyi-bunyi itu bisa mendorong seseorang mendapatkan mimpi yang indah.

Kicau burung atau gemerisik rumput akan membuat seseorang bermimpi tentang tanaman hijau dan bunga, sedangkan ocehan dari burung-burung camar membuat Anda bermimpi menghabiskan waktu di pantai. Sementara, klakson mobil dan lalu lintas memicu mimpi gelisah. Wiseman yang menggambarkan penemuannya dalam buku Night School ini mengatakan bahwa mimpi yang menyenangkan dapat memberikan hari yang lebih baik saat bangun.

“Kami telah menemukan cara untuk memberikan orang mimpi indah, dan ini juga dapat membentuk dasar untuk jenis terapi baru. Untuk membantu mereka yang menderita masalah psikologis tertentu, seperti depresi,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: