Hmmm…Rupanya, Pria Tampan Paling Disukai Investor

Para pialang saham bekerja di Bursa Saham New York, Amerika Serikat. (Ilustrasi)

Para pialang saham bekerja di Bursa Saham New York, Amerika Serikat. (Ilustrasi)
 REPUBLIKA.CO.ID, BOSTON – Pria tampan ternyata beruntung jika berurusan dengan para investor. Menurut sebuah penelitian, para investor ternyata lebih menyukai membenamkan dana mereka pada bisnis yang ditawarkan pengusaha pria, apalagi jika mereka berwajah menarik. 

Penelitian yang dilakukan Proceedings of the National Academy of Sciences ini diterbitkan para ahli dari MIT, Harvard, dan Wharton School, pada Senin (10/3). Penelitian itu menyebutkan, gagasan yang cemerlang dan pengalaman saja ternyata tak cukup membuat paparan bisnis jadi menarik buat para calon investor. 

“Penelitian kami menunjukkan bahwa ada kriteria lain yang digunakan investor sebelum membuat keputusan, yaitu gender dan penampilan menarik dari pengusaha itu sendiri,” kata laporan tersebut.

Penelitian ini melibatkan sejumlah transaksi bisnis yang sungguhan dan yang bersifat eksperimen yang berfungsi sebagai pembanding. Dalam kelompok ekseprimen, tawaran bisnis ya sama namun dipaparkan oleh orang berbeda.

Hasilnya, investor lebih menyukai tawaran bisnis yang dipaparkan pengusaha pria dari pada wanita. Padahal, konten tawaran tersebut sama.

Hasil lainnya, “pria yang tampil menarik ternyata lebih berhasil menarik hati, sementara penampilan ternyata tidak terlalu menentukan di kalangan pengusaha wanita (yang menawarkan bisnis mereka).”

Apakah penelitian ini penting? Jelas ya, kata tim peneliti. Pasalnya, kewirausahaan amat penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran di Amerika Serikat. Tak hanya itu, daya tahan saat memulai wirausaha juga amat tergantung pada menemukan investor yang tepat.

Hmm… Pengusaha yang tak masuk kategori “pria tampan” tampaknya memang harus bekerja lebih keras dalam menarik pemodal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: