Dokter di China “Cangkok” Tangan di Kaki

Tangan dicangkok di kaki di China

Tangan dicangkok di kaki di China (Rex Feature)(Rex Feature)
VIVAnews – Dokter di China melakukan keajaiban dengan menyambungkan kembali tangan seorang pria yang putus akibat kecelakaan. Untuk memulihkan fungsinya, tangan itu harus “dicangkok” di kaki pasien.Diberitakan News.com.au, Selasa 17 Desember 2013, operasi yang luar biasa ini dilakukan terhadap Xiao Wei yang mengalami kecelakaan kerja November lalu di Changde, provinsi Hunan. Tangan kanannya putus mulai dari pergelangan, dia lalu dilarikan ke rumah sakit.

“Saya kaget dan terdiam saat itu, sampai rekan sekerja saya mematikan mesin dan mengeluarkan tangan saya. Saya masih muda dan tidak bisa membayangkan hidup tanpa tangan kanan,” kata Xiao.

Dokter di rumah sakit lokal mengaku tidak mampu menyembuhkan Xiao sehingga dia dirujuk ke rumah sakit regional. Di rumah sakit yang lebih besar, dokternya yakin bisa menyambung lagi tangan Xiao.

Namun untuk menyambungnya kembali, tangan buntung itu harus pulih sepenuhnya. Artinya, tangan itu harus tetap “hidup”. Akhirnya dokter melakukan operasi yang mencengangkan.

Tangan itu dicangkok di kaki kirinya. Tangan akan tetap hidup dengan aliran darah dari nadi di kaki. “Lukanya sangat parah. Selain luka koyak, tangannya juga remuk. Kami harus menyembuhkan lukanya dulu sebelum melakukan operasi penyambungan,” kata dokter.

Sebulan kemudian, tangan itu disambung kembali ke lengan Xiao. Walaupun belum berfungsi, namun dokter yakin tangan itu akan bisa segera dipergunakan kembali.

Cairian Healy, ahli bedah di Royal College of Surgeons Inggris kepada BBC mengatakan bahwa ini adalah operasi yang sangat jarang terjadi, namun bukannya tidak mungkin.

“China sangat ahli dalam bedah mikro, dan konsep menyelamatkan anggota tubuh dengan menempelkannya dengan anggota tubuh yang lainnya untuk mengalirkan darah cukup dikenal,” kata Healy.

“Namun cangkok melalui kaki sangat sulit. Biasanya ahli bedah akan mencangkoknya di ketiak karena aliran darah di situ sangat bagus,” lanjutnya lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: