Di Kafe Ini Tidak Sopan Bayar Lebih Mahal

berwajah ramah pada pelayan akan diberi bonus tersendiri. (iStock)

VIVAlife – Ternyata, pelanggan tak selamanya diperlakukan sebagai raja. Sebagai pengunjung restoran, tamu juga dituntut untuk berperilaku sopan di depan pelayan. Konsep seperti ini diberlakukan dengan tegas di The Petite Syrah Café, Prancis.

Mengucapkan kata “tolong” benar-benar terasa penting di kafe tersebut. Harga secangkir kopi di sana sebesar €4,25 atau setara Rp70 ribu. Tapi, jika pelanggan lupa mengucapkan tolong dalam memesan kopi, mereka akan dikenakan hukuman.

Isi kocek yang dikeluarkan untuk secangkir kopi menjadi lebih besar, yakni €7 atau setara dengan Rp116 ribu.

Selain itu, perlakuan sopan dan wajah ramah pengunjung diberi bonus tersendiri oleh kafe ini. Mereka yang memesan kopi sambil mengucapkan kata sapaan ramah seperti “good day, a coffee please”, maka kopi yang dipesan akan dibanderol lebih murah yakni €1,40 atau setara dengan Rp23 ribu.

Orang Prancis memang terkenal dengan keramahan mereka. Sopan santun terus diajarkan, termasuk dalam menghadapi orang asing. Itu sebabnya mengapa kafe The Petite Syrah menegakkan sopan santun agar pelanggan berperilaku baik pada pelayan.

“Tadinya ini hanya lelucon, karena ketika pelanggan makan siang di sini dan terlihat sangat stres, mereka berperilaku kasar kepada pelayan kami,” kata Manajer The Petite Syrah Fabrice Pepino, dilansir dari Daily Mail.

Peraturan ini sukses diberlakukan. Para pelanggan The Petite Syrah kini selalu berlaku sopan dan ramah pada pelayan. Sebenarnya, Pepino tidak benar-benar terpaku pada skema harga, tapi setidaknya, peraturan tersebut memperlihatkan perbedaan yang nyata pada perilaku pelanggan.

“Sebagian dari mereka adalah pelanggan tetap, mereka melihat dari sisi jenaka dan terkadang membesar-besarkan kesopanan mereka,” tutur Pepino.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: