Luar Biasa! Pria Ini Masih Hidup Meski Jantung Berhenti 17 Kali

Foto: Royal Derby Hospital
Chaddesden, Pria ini ibarat punya 17 nyawa saja. Sebab dia masih tetap hidup meski jantungnya pernah berhenti hingga 17 kali dalam satu menit. Pria bernama John Gilmartin itu kini terliha sehat dan baik-baik saja.Jantung pria usia 41 tahun asal Chaddesden, Inggris, ini sempat di-restart selama di dalam ambulans menuju Royal Derby Hospital. Setiba di rumah sakit, jantungnya masih harus ‘dihidupkan’ kembali sebanyak 6 kali. Dokter yang merawat Gilmartin, dr Gareth Hughes, mengatakan upaya resusitasi atau penghidupan ulang yang dilakukan berkali-kali ini berisiko menimbulkan kerusakan saraf pada tubuh Gilmartin. 

Sementara itu, Gilmartin yang belum pernah memiliki masalah dengan hati, mengaku sangat beruntung bisa bertahan hidup. Demikian dikutip dari BBC pada Jumat (29/11/2013). Dia menuturkan awalnya pada September lalu merasa kurang sehat. Ia pun berbaring dan beristirahat, namun ketika bangun ia mendapati dirinya sudah berada di rumah sakit.

“Saya tidak pernah punya masalah dengan jantung, saya juga selalu sehat dan segar bugar. Ternyata saat sedang beristirahat saya terjatuh ke lantai dan tidak sadarkan diri. Istri saya kemudian melakukan CPR sebelum paramedis datang. Kalau saja istri saya tidak melakukan itu, bisa-bisa otak saya sudah rusak,” ungkap Gilmartin.

Begitu paramedis datang, mereka harus berulang kali memberikan kejut jantung elektrik agar Gilmartin dapat bertahan hidup. Bahkan ketika sudah berada di atas meja operasi, jantung Gilmartin berhenti 6 kali. Padahal saat itu dokter sedang berusaha memasukkan balon untuk membuka aliran darah di jantungnya.

“Ini peristiwa yang lain dari biasanya. Tapi ternyata Gilmartin bukan hanya dapat bertahan hidup, tetapi juga lolos dari ancaman cedera saraf akibat henti jantung,” pungkas dr Hughes.

Sumber :http://www.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: