Kecanduan Game, Bocah 10 Tahun Hadapi Tuduhan Kejahatan

Ilustrasi (Foto: Learningworksforkids)

LINCOLN – Bocah berusia 10 tahun menghadapi tuduhan kejahatan di Amerika Serikat karena ia membuat ‘bengkak’ tagihan kartu kredit milik neneknya. Gara-gara bermain game Minecraft, bocah ini sampai menghabiskan uang sebesar USD800 atau sekira Rp8,8 juta.

Dilansir Theinquirer, Selasa (12/11/2013), biasanya orangtua akan mengeluhkan ke suratkabar atau perusahaan sebelum melempar kasus ini ke kepolisian. Seorang nenek (74 tahun) di Lincoln, Nebraska, Amerika Serikat melaporkan tagihan yang melonjak tersebut ke polisi.

Polisi yang menelusuri tagihan yang membesar tersebut menemukan bahwa kartu kredit digunakan dalam permainan tiga dimensi, Minecraft. Minecraft merupakan game populer yang muncul di konsol game Xbox 360, PlayStation 3, Android serta iOS.

Peristiwa ini juga mirip seperti yang terjadi pada Maret 2013 di Inggris. Bocah lima tahun bernama Danny Kitchen melakukan pembelian app-item di iTunes Application Download Store iPad hingga tagihan kredit orangtuanya mencapai USD2.579.

Sharon, Ibu Danny, dalam wawancaranya dengan Daily Mail mengungkapkan, Danny membeli 333 bom di game ‘Zombies vs Ninjas’ untuk menangkis zombie dengan harga USD1.060 di app-item sampai dengan 19 kali dalam 10 menit.

Menanggapi hal ini pun juru bicara Apple menjelaskan adanya panduan Parental Control pada iTunes, agar orangtua dapat mematikan pilihan pembelian di iTunes. Orangtua juga diimbau untuk mengawasi serta membatasi akses anak terhadap konten-konten berbahaya. Sebaiknya, orangtua tidak memberikan password kepada anak-anak.

Sumber :http://okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: