Waduh, Implan Gigi Wanita Ini Malah Nyangkut di Lubang Hidung

Hasil scan otak yang menunjukkan implan gigi ‘nyangkut’ di lubang hidung (Foto: Livescience)
Jakarta, Seorang wanita di Italia risau karena sinus atau lubang hidungnya meradang, disertai nyeri di wajahnya. Bingung dengan apa yang terjadi padanya, wanita ini pun memutuskan untuk menemui dokter. Usut punya usut ternyata implan gigi wanita ini ‘nyangkut’ di lubang hidungnya. Kok bisa?Implan gigi tersebut sudah terpasang di dalam mulut wanita berusia 57 tahun ini sejak dua tahun lalu. Lewat sebuah operasi, sejenis skrup logam sepanjang 2 cm (0,79 inci) pun diletakkan di dalam rahang atasnya, untuk menopang dan menggantikan giginya yang hilang.

Namun yang tak pernah diduga ketika diinspeksi oleh dokter, implannya sudah tak berada di dalam mulut wanita ini. Namun gusi yang menutupi bagian gigi yang hilang dan dipasangi implan ini justru memulih, sedangkan deretan gigi lainnya tetap sehat.

Setelah dipindai, barulah ketahuan jika implan ini ‘nyangkut’ di rongga hidung wanita yang tak disebutkan identitasnya tersebut, persis di dekat mata kirinya. Dokter semakin yakin jika gejala nyeri dan radang yang dialami si pasien diakibatkan oleh implan giginya setelah tim dokter melakukan operasi untuk mengambil implan gigi itu dan gejala yang dirasakan wanita ini pun menghilang. Dalam delapan bulan wanita ini pun dilaporkan pulih total.

Menurut peneliti, ada tiga hal yang diduga menyebabkan cedera pada pasien akibat implan yang terlepas ini. Pertama, bisa jadi implan tersebut mencederai sinus si pasien karena posisinya yang tidak tepat; kedua, ini juga dapat dikatakan konsekuensi dari pengikisan jaringan di sekitar implan; dan yang terakhir adalah akibat dari pengeroposan tulang.

“Kami menduga implan ini sudah berada di dalam sinus si wanita setidaknya selama setahun, dan mungkin setelah operasi yang dilakukannya dua tahun lalu,” tandas peneliti Alberto Schreiber dari University of Brescia, Italia seperti dilansir Livescience, Jumat (25/10/2013).

Dalam laporannya yang dipublikasikan New England Journal of Medicine, Schreiber menambahkan kasus implan gigi yang ‘nyangkut’ di hidung ini sebelumnya sudah pernah terjadi. Bahkan pada satu kasus, ia pernah menemukan ada seorang pasien yang implannya ‘nyangkut’ di dasar tengkoraknya

Menanggapi kasus ini, dokter spesialis THT dari Lenox Hill Hospital di New York, Dr. Eric Cohen mengatakan jika implan gigi memang dapat berpindah-pindah jika tidak ‘terpasang’ dengan benar di dalam tulang rahang. “Tulangnya juga mungkin terlalu tipis bagi si implan sehingga tak bisa terpasang dengan sempurna,” imbuh dokter yang tidak terlibat dalam studi ini.Cohen menjelaskan, hal ini karena akar gigi bagian atas sebenarnya dapat memanjang hingga ke dasar rongga hidung, sehingga implan gigi (yang dirancang untuk berfungsi selayaknya akar gigi) bisa terdorong ke dalam hidung dan memudahkan bakteri masuk.

Tak sepakat, Dr. Jack Caton, kepala Divisi Periodontik di University of Rochester Medical Center, AS menduga implan itu justru sudah terlepas sejak operasi penanaman implan dilakukan. Pasalnya Caton melihat tak ada semacam ‘mahkota’ yang biasanya menyertai implan. Biasanya jika perangkat ini ditambahkan maka peluang keberhasilan pemasangan implannya tinggi.

“Mungkin pasiennya tidak diberitahu tentang komplikasi yang bisa menyertai operasi ini atau tidak memahami informasi apapun yang diberikan dokter,” tegas Caton yang juga tidak terlibat dalam studi ini.

Sumber :http://www.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: