Sekolah Terbesar di Dunia Ada di India

Sekolah Terbesar di Dunia Ada di India

Sekolah City Montessori, India. dailymail.co.uk

TEMPO.COLucknow – India terkenal sebagai salah satu negara terpadat di dunia. Dengan banyaknya penduduk, tentu saja fasilitas-fasilitas publik menjadi penuh sesak, seperti sekolah. Belum lama ini, satu sekolah bernama City Montessori School (CMS) telah mencatatkan namanya sebagai sekolah terbesar di dunia versi Guinness Book of Records tahun 2013.

“CMS mencatatkan diri sebagai sekolah terbesar di dunia dengan 47.000 siswa, 1.000 ruang kelas, dan 3.800 staf,” tulisDaily Mail, Jumat, 23 Agustus 2013. Sebanyak 3.800 ini meliputi guru, staf pendukung, petugas kebersihan, tukang becak, tukang listrik, tukang kayu, dan tukang kebun.

Hal ini memberikan kebanggaan tersendiri bagi Dr. Jagdish Gandhi, 75 tahun, sang pendiri sekolah. Ia tidak menyangka sekolah yang didirikannya bersama sang istri, Bharti, di tahun 1959 silam akan menjadi sebesar ini. Padahal, waktu pertama kali dibuka, sekolah ini hanya memiliki lima siswa.

“Saya mendirikan sekolah ini dengan susah payah. Dulu, saya dan istri saya membujuk orang agar mereka mau menyekolahkan anaknya di sini. Namun, nyatanya hanya lima anak yang mau,” kenang Gandhi.

Gandhi menuturkan, tujuan awal mendirikan sekolah ini semata-mata hanya karena pendidikan, bukan ingin mencari keuntungan. Dengan modal begitu kecil, Gandhi mantap ingin membuka sekolah. Kini, sekolah kecil Gandhi telah menjelma begitu besar dan dikenal di seluruh dunia.

Pertumbuhan pesat sekolah ini resmi diakui oleh Guinness Book of Records tahun 2013 sebagai sekolah terbesar di dunia. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Rizal High School di Manila, Filipina, yang hanya memiliki 19.738 siswa. Kini, CMS dipegang oleh putri Gandhi, Geeta Kingdon. Ia pulalah yang menjadi kepala sekolah ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: