Muhammad, Nama Bayi Paling Populer di Australia

Muhammad, Nama Bayi Paling Populer di Australia

ilustrasi penggunaan dot bayi

TEMPO.CONew South Wales – Dalam beberapa tahun terakhir ini, nama Muhammad menjadi nama paling populer untuk bayi yang baru lahir di negara bagian New South Wales, Australia. Seperti diberitakan The Telegraph, nama Muhammad berada di urutan teratas dari daftar 25 nama terpopuler di New South Wales untuk pertama kalinya pada 2010. “Total ada 312 orang tua di negara bagian itu yang menamai bayi mereka dengan Muhammad,” tulis The Telegraph, Senin, 26 Agustus 2013. “Fakta ini terungkap dari kantor catatan kelahiran, kematian, dan pernikahan New South Wales.”

Penggunaan nama Muhammad dilakukan dengan berbagai macam variasi penulisan: Muhammed, Mohamed, Muhammed, atau Mohammed. Kecenderungan penggunaan nama Muhammad diprediksi akan terulang lagi pada 2013. Sebab hingga Juli 2013, telah ada 161 bayi laki-laki bernama Muhammad dengan berbagai macam variasi penulisannya.

Keysar Trad, pemimpin komunitas Muslim di New South Wales, mengatakan muslim Australia kini lebih percaya diri menamai anak-anak mereka dengan nama figur Nabi Muhammad. “Saya pikir apa yang kita lihat merupakan sebuah penerimaan dari nama muslim dan ini terlihat sebagai suatu hubungan sehat dalam agama,” kata Trad seperti ditulis The Telegraph. “Anda masih melihat orang bernama Ahmed kadang mendapatkan masalah ketika mencari kerja. Tapi ada perasaan inilah saya, kami tidak mau bersembunyi,” kata dia.

Trad mengatakan, semua nama religius bukan cuma ekspresi penghambaan pada Tuhan. Akan tetapi, juga memungkinkan para orang tua mendapatkan kembali aspek budaya mereka. “Orang tua ingin anak mereka punya kualitas dari nama. Anda berharap anak Anda adalah orang baik,” ujar Trad.

Lebih dari separuh nama-nama bayi populer di New South Wales terkait dengan kepercayaan Kristen atau Yahudi. Pada 2010, kantor catatan kelahiran di New South Wales mencatat ada 214 penggunaan nama Matthews, 212 nama Lukes, dan 130 nama Johns. Dalam rentang tahun 2000 hingga 2010, ada lebih dari satu bayi yang lahir tiap tahun yang dinamai Jesus. Berdasarkan catatan, tulis The Telegraph, penggunaan nama Jesus tidak lebih dari setengah lusin. Sementara hingga Juli 2013, terdapat 10 bayi yang menggunakan nama tuhan dalam agama Hindu, Krishna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: