Kontes Kecantikan Unta Digelar di UEA

Kontes Kecantikan Unta Digelar di UEA

REUTERS/Peter Andrews/Files

TEMPO.CODubai – Seperti apa unta tercantik di dunia tahun ini? Jawabannya akan segera diperoleh dalam Festival Al Dhafra di Uni Emirat Arab, yang akan berlangsung pada 15-29 Desember.

Kontes kecantikan unta menjadi salah satu mata acara yang paling menarik dalam ajang tahunan yang populer di seantero Arab ini. Festival juga menggelar ajang balap beberapa jenis hewan, antara lain elang, unta, dan anjing. 

Menurut rencana, festival ini akan digelar di kota Zayed. Hampir 200 anjing ras bulldog Arab turut ambil bagian dalam festival tahun ini, dibagi menjadi sepuluh kelompok. Pemilik binatang yang menjadi juara berhak atas hadiah senilai 50 ribu dirham  atau setara 13.610 dolar AS.

Acara ini ditunggu-tunggu penggemarnya karena menyajikan tontonan yang unik. Dalam balap greyhound misalnya, anjing ini berlari dalam jarak 2.000 meter layaknya adu cepat pelari marathon. Penonton menyaksikan balapan dari tepi lintasan yang bergerak.

Sedang dalam kompetisi elang, ‘peserta’ akan dinilai dari kecepatan mereka menangkap mangsa. Sebelumnya, sang elang dibiarkan kelaparan sehari menjelang lomba. Rata-rata, seekor elang hanya membutuhkan waktu 8 sampai 12 detik untuk lepas landas dan mendarat untuk mencengkeram mangsanya dalam jarak 400 meter.

Ahmad Al Mazruay, juru bicara festival, mengatakan bahwa kompetisi ini dimaksudkan untuk melindungi perkembangbiakan hewan-hewan ini. Sebagai bagian budaya dan tradisi mereka, festival itu terus dilestarikan, katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: