Jari Putus, Pria Ini Ciptakan Jari Prostetik dari Onderdil Sepedanya

\

dok: Dailymail

Jakarta, Zaman sekarang orang tak perlu panik jika kehilangan organ tubuhnya akibat kecelakaan atau musibah lainnya karena hal ini dapat ditanggulangi dengan mudah, yaitu menggunakan organ prostetik atau buatan. Seperti pria kreatif asal AS ini yang membuat jari prostetiknya sendiri dari onderdil sepeda.Separuh jari tengah tangan kanan pria bernama Colin MacDuff ini tanpa sengaja hilang dalam sebuah kecelakaan yang dialaminya ketika tengah berburu di tahun 2010. Namun berkat pengalamannya sebagai tukang las, pria yang juga aktif bersepeda ini berhasil menciptakan jari prostetik dari onderdil bekas sepedanya.

Tapi tanpa dinyana, kreativitasnya itu tak hanya membantu dirinya sendiri, MacDuff juga bisa menambah pundi-pundi uangnya dengan membuatkan jari prostetik untuk orang-orang yang pernah mengalami amputasi seperti veteran perang karena industri semacam ini ternyata masih belum banyak diminati.

Pria berusia 41 tahun tersebut mengaku membandrol harga antara Rp 57-98 juta untuk setiap jari prostetik yang ia buat khusus dan telah disesuaikan dengan kondisi masing-masing konsumen. Bahkan MacDuff mengaku telah memperoleh paten dari AS untuk bisnisnya itu.

“Sebuah jari terdiri atas tiga bagian; bagian ujung, bagian tengah dan bagian cincin, di mana cincin biasanya ditaruh disitu. Pada kasus saya, yang diamputasi adalah bagian tengah,” tutur MacDuff seperti dikutip Daily Mail, Senin (19/8/2013).

Uniknya, bahan yang digunakan MacDuff untuk membuat jari prostetik adalah onderdil bekas sepedanya, salah satunya adalah gantungan RD (rear derailleur) dari sepedanya.

Ide ini muncul setelah MacDuff mengaku akibat musibah yang dialaminya, veteran AL Perang Teluk ini tak dapat melakukan aktivitas harian seperti mengancingkan baju, mengangkat gelas dan mengetik. Tapi yang tak kalah menyedihkan dokternya mengatakan jika perangkat prostetik untuk orang-orang yang jarinya diamputasi itu belum pernah ada.

“Saya juga terinspirasi oleh pasien amputasi yang menciptakan lengan prostetik dari onderdil RockShox (salah satu merk sepeda di Amerika) dan orang-orang lumpuh yang melengkapi kursi rodanya dengan roda ban sepeda 26 inci agar bisa tampil di ajang balapan sepeda,” katanya.

Namun untuk urusan bisnis, MacDuff merancang jari prostetik buatannya di bengkel kerja rumahnya yang terletak di Olympia, Washington. Dengan berbahan plastik khusus yang biasa digunakan untuk membuat perangkat medis, MacDuff kemudian mencetak desain itu dengan printer 3D agar nantinya tercipta jari prostetik penuh, jari prostetik sebagian dan ibu jari prostetik, sesuai pesanan.

“Banyak bahan di luar sana yang dapat menyebabkan iritasi kulit, kebanyakan pasien takkan mau memakainya lagi. Tapi produk saya dirancang agar dapat dipakai 24 jam sehari,” tandasnya berpromosi.

MacDuff sendiri mengaku butuh waktu sekitar 10-12 minggu untuk menciptakan sebuah jari prostetik. Kendati begitu, MacDuff menargetkan dalam waktu dekat ia ingin bisa membuat jari prostetik tak kurang dari seminggu.

“Saya tidak bisa mengembalikan jari Anda. Saya hanya membuatkan perangkat khusus agar Anda bisa melakukan aktivitas harian dan sekali Anda belajar menggunakannya maka ini akan jadi bagian dari diri Anda. Saya sendiri mengenakannya 24 jam sehari, entah itu untuk berenang, mendaki gunung, berkebun hingga berburu,” tutupnya.

Sumber :http://www.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: