VIDEO: Air Seni Bisa Isi Ulang Baterai Ponsel

Baterai tenaga air seni [foto ilustrasi]

Baterai tenaga air seni [foto ilustrasi](cleantechnica.com)
VIVAnews – Air seni memang menebar aroma tidak enak. Bau pesing. Namun, mungkin Anda dan sebagian besar orang di dunia ini tidak tahu, air seni lebih kuat dari apa yang Anda pikirkan.

Sejumlah ilmuwan dari Bristol Robotics Laboratory, Inggris, mengklaim telah berhasil memanfaatkan kekuatan air seni atau urin sebagai sumber energi untuk mengisi daya pada berbagai jenis ponsel.

“Dengan memanfaatkan kekuatan urin yang disaring pada sel bahan bakar mikroba (microbial fuel cells/MCFs), kami berhasil mengisi daya pada ponsel Samsung,” ujar Dr Ioannia Ieropoulos pada BBC.

Mikroorganisme yang dihasilkan itu menghasilkan arus listrik dengan memetabolisasi bahan-bahan organik pada air seni, dilansir Time.com, 14 Agustus 2013.

Namun, diakui para peneliti, saat ini, arus listrik yang dihasilkan relatif lemah alias kecil. Hanya cukup untuk sempat membalas SMS, browsing Web sebentar, atau membuat panggilan telepon berdurasi pendek.

Namun, para ilmuwan optimistis. “Ini hanya sebuah awal. Kami berencana mengembangkan MFCs sampai mampu mengisi baterai hingga penuh,” ujar Ieropoulos.

Video singkatnya bisa Anda lihat di tautan ini. (eh)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: