Karena Cantik, Wanita Ini Gagal Jadi Anggota Dewan

Karena Cantik, Wanita Ini Gagal Jadi Anggota Dewan

Nina Siahkali Moradi. news.com.au

TEMPO.CO, Iran – Meski memenangkan pemilihan untuk menjadi salah satu anggota dewan kota, Nina Siahkali Moradi (27) tetap tidak bisa duduk di kursi jabatannya. Ia didiskualifikasi oleh Dewan Pimpinan karena dinilai terlalu muda dan cantik untuk menjadi anggota dewan.

Melalui pemungutan suara yang digelar di Qazvin, Iran, Nina memperoleh 10 ribu suara. Ia ada pada posisi 14 dari 163 kandidat anggota dewanterdaftar. Sayang suara pemilihnya ini tak ada arti di hadapan para politisi seniornya.

“Kami tidak ingin ada model catwalk masuk di jajaran dewan ini,” ujar salah satu pejabat sebagaimana dilansir Independent. Dengan suara yang ia peroleh, berdasarkan sistem yang ada, Nina Moradi merupakan alternatif pertama untuk menggantikan anggota dewan yang mundur dari jabatannya.

Seyed Reza Hossaini, salah seorang Perwakilan Dewan dari Qazvin menjelaskan pada media di Iran, Nina ditolak menjadi anggota dewan karena tidak memenuhi syarat tertentu. “Dan kami sudah memberitahukan itu padanya,” kata dia.

Nina sendiri membantah hal tersebut. Ia menuturkan belum ada penjelasan apapun soal diskualifikasi yang dijatuhkan Dewan Pimpinan padanya. Dia sendiri baru menyadari diskualifikasi tersebut dua pekan setelah pemilihan dilangsungkan.

Adapun The International Campaign for Human Rights di Iran menyatakan didiskualifikasinya Nina Moradi sebagai anggota dewan lebih karena ia dikenal sebagai pihak yang kurang memperhatikan konsep islam dan poster-poster kampanyenya selama ini selalu mendapat kritik dari lawan-lawan politiknya yang lebih senior dan konservatif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: