Enam Simpanse Ikut Lomba Lukis

Enam Simpanse Ikut Lomba Lukis

Simpanse ini memegangi kepalanya ketika difoto, seakan ia baru saja teringat suatu hal penting. Dailymail.co.uk

TEMPO.COWashington – Bukan suatu hal aneh jika ada hewan yang berjiwa seni. Sebut saja Justin, kuda yang bisa melukis; atau Bozie, si gajah pelukis abstrak. Dan baru-baru ini, bakat melukis juga terlihat pada kawanan simpanse. Berdasarkan situs The Humane Society, tercatat enam simpanse yang ikut bersaing dalam kompetisi melukis. Para simpanse itu adalah Jenny dari Kentucky, Ripley dan Cheetah dari Florida, Jamie dari Washington, Brent dari Louisiana, serta Patti dari Oregaon.

Dalam lomba lukis itu, karya seluruh simpanse dinilai oleh antropolog terkenal, dr Jane Goodall, selaku juri. Kontes ini sendiri menampilkan sejumlah lukisan beberapa hewan berbakat dari North American Primate Sanctuary Alliance. “Tujuan dari acara ini, menumbuhkan kesadaran peningkatan fasilitas bagi simpanse ini,” tulis situs Huffington Post, Rabu, 14 Agustus 2013.

Pada kontes ini, keenam simpanse menunjukkan kebolehan mereka melukis abstrak. Mereka menorehkan pelbagai warna berani di atas kertas gambar. Seperti Cheetah yang memberikan dominasi warna kuning yang kental, dengan paduan merah dan beberapa bercak hijau; Jamie menorehkan rona ungu dan merah muda; atau Jenny yang menggunakan corak oranye, hijau tosca, biru, serta ungu.

Sementara Ripley memakai warna ungu, hijau, dan biru dalam sapuan tipis; Patty memilih rona cokelat tua, biru tua, kuning, hijau, dan merah yang pekat; serta Brent yang membuat gradasi warna dari biru muda, kuning, ungu, dan biru tua.

Untuk menentukan pemenangnya, panitia mengizinkan masyarakat ikut menilai. Penilaian itu bisa diakses melalui situshttp://www.humanesociety.org. Dan waktu penilaian dibuka hingga 22 Agustus 2013. “Simpanse pemenang akan mendapatkan hadiah khusus dari The Humane Society of the United States.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: