Tanda ‘Dilarang Masuk’ Tertua di Dunia Ditemukan

Tanda 'Dilarang Masuk' Tertua di Dunia Ditemukan

Tanda dilarang masuk tertua di Inggris. Dailymail.co.uk

TEMPO.COWales – Tanda “dilarang masuk” tertua ditemukan di Inggris. Tanda itu diperkirakan telah terkubur selama 6.000 tahun. Tanda sepanjang 1,7 meter ini ditemukan di Rhondda Valleys, Wales. Tanda yang berupa tiang kayu ukiran ini digunakan untuk menandai batas kesukuan atau situs suci.

“Di kalangan arkeologi, menemukan benda seperti ini setara dengan memenangkan lotre,” ujar arkeolog Richard Scott Jones dari Heritage Recording Services Wales kepada Daily Mail, Kamis, 18 Juli 2013. Penemuan seperti ini sangat jarang terjadi. Bagi Jones, ini sangatlah bernilai.

Dia menambahkan, palang kayu ini berasal dari akhir zaman Mesolitikum atau awal periode Neolitikum, yakni sekitar 6.270 tahun yang lalu. Dengan ukiran yang indah, palang kayu ini memberikan gambaran tentang kecanggihan masyarakat zaman dulu dalam bidang seni. Kayu-kayu ini memiliki pola yang sangat rumit di salah satu sisinya dan memiliki motif oval di sisi satunya.

Semula, kayu ini ditemukan oleh pekerja di pembangunan gardu untuk pertanian pada September lalu. Ia menemukan sekitar 12 kayu. Salah satu kayu telah dibersihkan untuk diselidiki. Penggalian lebih lanjut telah dilakukan di lokasi ini dengan harapan artefak lain dapat ditemukan. Sayangnya, pencarian itu berakhir sia-sia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: