Ini Rahasia Umur Panjang Warga Desa di China

Orang tua di sebuah panti jompo di China.

Orang tua di sebuah panti jompo di China.(Reuters/Jason Lee)
VIVAnews – Chengmai, wilayah di Hainan, China, memiliki orang berusia 100 tahun lebih banyak dibandingkan wilayah lainnya di seluruh dunia. Para lansia di desa ini mengaku telah melalui banyak fase sejarah, tapi mereka masih bertahan hidup.Diberitakan News.com.au, Sabtu 13 Juli 2013, desa ini memiliki lebih dari 200 lansia yang berusia di atas 100 tahun, dari 560.000 populasinya. Beberapa bahkan telah bergelar “supercentenarian” atau berusia lebih dari 110 tahun, yang jumlahnya tidak lebih dari 400 orang di seluruh dunia.

Para lansia ini tinggal di desa-desa sederhana di Chengmai. Rumah-rumah mereka kecil, sedikit sekali dihiasi perabotan. Peneliti menemukan ada kesamaan antara Chengmai dengan wilayah lain di dunia dengan lansia berusia panjang, seperti di Jepang, Kuba atau Yunani, yaitu aktivitas fisik mereka yang intens, kedekatan dengan keluarga, dan rajin makan sayur.

Itulah yang dilakukan oleh warga Chengmai. Kebanyakan warga di wilayah ini adalah petani sayuran. “Saya tidak pernah berolahraga, hanya bekerja keras di perkebunan,” kata Wang Kailu, 86, yang mengaku menikahi istrinya saat Jepang menyerah pada Perang Dunia II, 68 tahun lalu.

Jennifer Holdaway, dari Institut Kesehatan dan Lingkungan China, sebuah organisasi kesehatan sosial dari AS, mengaku pernah mengunjungi Chengmai tahun lalu. Dia mengatakan, bahwa masyarakat wilayah ini kebanyakan petani, mereka memakan apa yang mereka tanam.

“Tidak banyak industri di wilayah ini, iklimnya bagus, mereka bisa melatih tubuh dengan mudah, dan makanannya juga sehat. Mereka punya banyak sayuran dan buah segar, tanahnya juga kaya akan selenium, nutrisi utama,” ujarnya.

Selain makanan, rahasia umur panjang mereka adalah kehidupan sosial yang menyenangkan. Hal ini terlihat setiap pagi di taman-taman, para orang tua berkumpul, bermain kartu, berbincang sambil mendengarkan radio yang memutar opera China.

“Saya ke sini setiap pagi untuk olahraga, mendengarkan opera dan meminum teh,” kata Seng She, 80, yang mengaku punya 31 anak dan cucu.

Studi oleh komite Partai Komunis Chengmai mengatakan bahwa rahasia umur panjang warga adalah “berpikiran sederhana, pemaaf, rajin, memakan sayuran, tidur awal, dan bangun awal”.

Para ahli mengamininya. Mereka mengatakan bahwa kebanyakan warga dengan usia panjang kebanyakan tidak berasal dari wilayah yang kaya. “Jika tinggal di iklim seperti ini, kau tidak butuh kehidupan yang nyaman. Hanya cukup punya rumah, jaring nyamuk, kursi reyot, dan teman-teman untuk bersenda gurai,” kata Holdaway.

Li Aizhu, 113 tahun, punya penjelasan yang lebih singkat soal rahasia panjang umurnya. “Dia bilang itu karena sering memakan banyak minyak kacang, itu rahasianya,” kata Yi Mei, cucu Li, menirukan jawaban neneknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: