6 Wanita Panjat Gedung Tertinggi di Eropa

6 Wanita Panjat Gedung Tertinggi di Eropa

6 orang demonstran dari Greenpeace memanjat Gedung Shard yang merupakan gedung tertinggi di Eropa Barat di London, (11/7). Mereka memprotes adanya pengeboran minyak di Kutub Utara. REUTERS/Stefan Wermu

TEMPO.COLondon – Pemandangan tak biasa tampak di gedung tertinggi di Eropa. Sebanyak enam wanita mendaki gedung tertinggi Gedung Shard yang berlokasi di London, Inggris. Mereka bukan sedang beratraksi atau melakukan olahraga panjat. Mereka tengah memprotes pengeboran di wilayah Kutub Utara.

“Keenam aktivis Greenpeace ini adalah Wiola Smul dari Polandia, Sabine Huyghe dari Belgia, Sandra Lamborn dari Swedia, Victoria Henry dari Kanada, Ali Garrigan dari Inggris, dan Liesbeth Debbens dari Belanda,” tulis Daily Mail, Kamis, 11 Juli 2013.

Mereka mendaki Shard setinggi 310 meter sebagai aksi protes terhadap perusahaan Shell yang berkantor di gedung tersebut. Aksi nekat keenam wanita ini tentu saja menjadi tontonan warga. Petugas kepolisian dan ambulans langsung disiagakan untuk menjaga gedung ini.

Saat keenam pendaki tersebut hampir mencapai puncak, mereka memutuskan hanya Wiola Smul yang akan menuju puncak. Setelah mencapai puncak, ia langsung melambaikan bendera seluas 32 meter persegi bertuliskan Save Arktik.

Tepuk tangan dan sorak sorai langsung bergemuruh tatkala Wiola mengibarkan bendera. Banyak yang memuji aksi mereka, terutama sesama aktivis yang juga mengutuk perusahaan Shell yang dinilai telah merusak alam. Namun sayang, keenam wanita ini justru ditangkap polisi.

“Sebuah kehormatan untuk berdiri di sini, di gedung tertinggi di Eropa dan menyaksikan prestasi luar biasa para wanita yang gigih melindungi Kutub Utara,” ujar John Sauven, Direktur Eksekutif Greenpeace. (Klik aksi mereka di sini)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: