Buta, Pendaki Ini Tetap Bisa Capai Puncak

Buta, Pendaki Ini Tetap Bisa Capai Puncak

Steve Bate. Dailymail.co.uk

TEMPO.COCalifornia – Seorang pria asal Skotlandia, mampu mendaki gunung setinggi 915 meter. Itu bukanlah hal yang biasa. Yang membuat luar biasa adalah kondisi yang dialami si pendaki. Steve Bate, 35 tahun, mendaki monolit El Capitan di California dalam kondisi buta. Monolit berbentuk seperti gunung yang tersusun dari batuan tunggal yang masif.

Mantan instruktur mendaki ini menghabiskan waktu 6 hari untuk menaklukan gunung El Capitan. Dua tahun lalu, ia didiagnosis menderita retinitis pigmentosa. Kondisi ini menyebabkan kemunduran yang progresif pada retina dan secara perlahan akan menimbulkan kebutaan. Menurut dokter, Bate akan benar-benar buta dalam waktu 5 tahun setelah didiagnosis.
“Saya ingin melakukan pendakian sebelum benar-benar terlambat (benar-benar buta),” ujarnya pada Daily Mail, Selasa, 9 Juli 2013. “Saya benar-benar mencintai tebing, gunung, dan sensasi yang didapatkan. Saya tidak ingin, masalah penglihatan menjadi penghambat.”
Menurunnya kemampuan melihat yang diderita Bate membuat ia menjadi lebih lambat dalam mendaki. Ia banyak melakukan kesalahan dengan melakukan gerakan berulang. Ia terjatuh hingga 2 kali. Namun, itu tak mematahkan semangatnya. Dengan dibantu penjaga dan temannya, ia mampu menuntaskan misinya.
“Saya tidak pernah menyangka akan mencapai puncak. Saya berharap pencapaian saya bisa menjadi inspirasi bagi pendaki, terutama penyandang cacat. Jika saya bisa melakukannya, siapapun tentu bisa,” kata Bate bangga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: