Kepanasan, Panda Ini Nyalakan AC

Kepanasan, Panda Ini Nyalakan AC

antusias sambut 2 ekor panda

TEMPO.COChangsa – Seperti manusia, panda juga tidak suka kepanasan. Kerabat beruang itu akan melakukan apapun untuk menjaga kondisi lingkungannya tetap sejuk sehingga nyaman bagi tubuh mereka.

Seperti yang dilakukan Ya Yun dan Exri, dua ekor panda raksasa di Kebun Binatang Changsa di provinsi Hunan, Cina. Pasangan panda ini mampu menyalakan AC atau penyejuk udara untuk mengatasi suhu di dalam kandang yang mencapai 40 derajat Celcius.

“Mereka terlihat tidak nyaman dengan kondisi panas di dalam kandang, jadi kami memasang penyejuk udara besar di kandang,” ujar penjaga kebun binatang, Hu Sheng, Jumat 21 Juni 2013.

Yang unik adalah Ya Yun dan Exri bisa menyalakan sendiri penyejuk udara yang baru itu. Mereka melakukannya secara bergantian dengan cara memanjat tirai jendela terdekat untuk meraih tombol penyejuk udara.

Hu mengatakan, kondisi cuaca di Cina, khususnya di wilayah Changsa, beberapa pekan terakhir memang cukup panas. Suhu udara kerap melebihi 40 derajat celcius.

“Sekarang mereka bersantai menikmati udara yang sejuk,” ujar dia, seperti dikutip Dailymail.

Panda adalah binatang endemik Negeri Tirai Bambu yang bisa menghabiskan 12 jam sehari hanya untuk mengunyah bambu sambil bermalas-malasan. Tapi mamalia berambut hitam dan putih ini rela meninggalkan menu makanan favoritnya itu jika mulai gerah.

Sebagai binatang soliter, panda biasanya lebih memilih sendirian ketika mencari makan di hutan bambu Cina yang merupakan habitat alami mereka.

Populasi panda di alam liar tidak lebih dari 2.000 individu, menempatkannya sebagai spesies terancam punah. Di penangkaran, panda tidak hanya diberi makan bambu. Madu, telur, ikan, ubi jalar, daun, jeruk, dan pisang menjadi menu sehari-hari bagi mereka.

“Mungkin mereka akan mulai meminta makanan disiapkan dengan cara tertentu, atau ketika suhu dingin akan meminta disediakan seprai mewah,” ujar Hu berkelakar tentang pasangan panda berperilaku unik itu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: