Kasihan! Gadis Ini Terlahir dengan Satu Buah Telinga


Jakarta, Normalnya manusia terlahir dengan sepasang daun telinga, yang terletak di bagian kanan dan kiri wajah. Tapi seorang gadis cilik terlahir dengan satu buah telinga karena menderita kondisi langka.

Ellie Sanders (4) terlahir dengan kondisi langka yang disebut hemifacial microsomia, yang mempengaruhi perkembangan setengah bagian bawah wajahnya. Kondisi tersebut membuat gadis cilik ini hanya memiliki satu buah daun telinga.

Untuk berkomunikasi, ia sangat bergantung pada perangkat khusus. Alat itu juga digunakannya untuk mendengarkan penjelasan guru di hari pertama masuk sekolah pada bulan September lalu.

Ibunya, Kelly (31), telah memasang alat khusus yang disebut bone anchored hearing aid implant (Baha), yang dapat mentransmisikan suara secara langsung melalui tengkorak dan mencapai telinga bagian dalam. Sayangnya, orang tua Ellie masih berdebat dengan National Health Service (NHS Inggris) tentang siapa yang harus membayar tagihan alat tersebut.

“Keluarga lain dengan situasi yang sama di Inggris telah ditawarkan sebuah Baha. Mereka tidak harus berdebat untuk itu. Saya tidak tahu berapa lama proses ini akan berlangsung,” jelas Kelly, seperti dilansir Dailymail, Selasa (28/5/2013).

Hemifacial microsomia adalah suatu kondisi yang menyebabkan jaringan pada satu sisi wajah terbelakang. Ini adalah kelainan bawaan dan mempengaruhi satu dari 3.500-4.500 anak-anak dan merupakan cacat lahir wajah yang paling umum kedua setelah bibir sumbing.

Hal ini diyakini terjadi karena masalah perkembangan pada tahap awal kehamilan. Tingkat kecacatan sangat bervariasi, pada kasus Ellie, hanya daerah wajah yang terpengaruh.

Bagian tubuh yang paling umum terpengaruh adalah telinga, sisi tengkorak, jaringan pipi, rahang, gigi atau saraf wajah. Bentuk utama dari pengobatan adalah operasi rekonstruksi.

Sumber :http://www.detik.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: