Walah,Penjahat Ini (Dianggap) Terlalu Tampan

Headline
Dzhokhar Tsarnaev – ist

INILAH.COM, Boston – Tak disangkal, Dzhokhar Tsarnaev adalah laki-laki berwajah tampan. Kendati dituding membunuh dan meneror, banyak perempuan jatuh cinta pada tersangka bom Boston ini.

Sejak tertangkap April lalu, Dhzokhar atau Jahar (dibaca: Johar) tiba-tiba menjadi idola di internet. Tidak hanya ingin mengetahui perkembangan tentang kasus Bom Boston, wajah pemuda berusia 19 tahun ini ternyata telah memikat perhatian kaum hawa.

Para penggemar di berbagai media sosial seperti Twitter dan Facebook mengungkapkan keinginan untuk menemuinya. Ada yang ingin memeluk dan tidur bersamanya, sambil menyentuh rambutnya yangcute. Bahkan, mereka ingin Jahar dibebaskan. Lihat saja histeria mereka di tagar #freejahar di Twitter.

Tak hanya postingan di internet, kini pun gelang bertuliskan ‘Free Jahar’ sudah beredar. Tak tanggung-tanggung, seorang remaja dari Kansas, sempat menyatakan padaNew York Posttentang keinginannya membuat tato nama Jahar.

Penggemar yang sebagian besar para gadis ini merasa, Jahar terlalu tampan untuk seorang penjahat. Walaupun sebenarnya, jatuh cinta pada penjahat seperti Jahar, tidaklah mengejutkan.

“Bukan karena ia tersangka pembom, tapi karena kisahnya besar,” ujar Sheile Isenberg, penulis bukuWomen Who Love Men Who Kill.

Para gadis, lanjutnya, ingin menemui dan menghabiskan waktu bersama Jahar karena mereka ingin terkenal.

Menurut Isenberg, hal ini serupa dengan kejadian, dimana banyak perempuan jatuh cinta dengan tersangka tindak kriminal atau bahkan narapidana yang akan dieksekusi mati. Banyak diantara mereka yang berkata, hanya ingin memastikan si penjahat diperlakukan adil.

“Tidak begitu. Itu hanya untuk menutupi keinginan mereka, sadar atau tidak, untuk menjadi terkenal juga,” kata Isenberg.

Biasanya, yang dipuja adalah selebritis terkenal dan dianggap tampan seperti Robert Pattinson atau Justin Bieber. Tapi selebritas itu, menurut Isenberg, kalah pamor jika dibandingkan pembunuh-pemerkosa-pembom terkenal yang berwajah tampan.

Hal serupa pernah terjadi pada James Holmes. Pria ini pada Juli 2012 lalu menembak secara brutal di gedung bioskop Aurora, Colorado, saat pemutaran perdana film Batman,The Dark Knight. Atas aksinya, Holmes menewaskan 12 orang dan melukai 58 lainnya.

Holmes pun punya penggemar. Salah satunya, Misty Benjamin (30), warga Colorado. Bukan hanya simpati, Benjamin merasa dirinya tertarik secara seksual terhadap Holmes.

“Saat pertama melihatnya, saya berpikir pria inicute. Saya merasa terbebani, karena saya tak mau (merasa suka). Saya berdoa. Tapi akhirnya saya berpikir, sudahlah, mungkin saya bisa belajar dari hal ini,” ujar Benjamin.

Benjamin pun membuat laman di Facebook bertajuk,We Care About James Holmes. Ia menyimpan foto Holmes di dompet dan kamar tidurnya. Saat sedang sedih, memandang wajah Holmes membuatnya tenang.

Psikolog Jill Weber mengatakan, karakter pemberontak pada pemuda seperti Tsarnaev dan Holmes, sudah sejak lama menarik perhatian gadis-gadis muda. Sebab, kualitas itu dianggap menyenangkan dan dianggap kesempatan untuk ‘membantu’ seseorang.

“Sama seperti gadis-gadis ini menyukai tokoh vampir dalam buku dan film, karakter gelap yang memiliki identitas terpisah dan mendeklarasikan dirinya sebagai sosok independen yang berkuasa,” tutur Weber.

Weber yang menulis bukuHaving Sex, Wanting Intimacy: Why Women Settle for One-Sided Relationshipjuga menyatakan, hal ini normal dalam pertumbuhan remaja. Meski tertarik pada tokoh kriminal merupakan disfungsi pertumbuhan.

Weber menambahkan, media sosial membuat ketertarikan terhadap tokoh yang gelap menjadi hal normal. Jika seorang gadis terpesona dan tertarik pada sosok penjahat, vampir, atau persona ‘beracun’ lainnya, media membuatnya tampak biasa saja.

“Di masa lalu, mungkin rasa itu cepat berlalu. Tapi di masa kini, media sosial terus menghidupkannya dan bahkan menjadikannya bagian dari kultur,” papar Weber.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: