Sepasang Melon Jepang Dijual Rp 154 Juta

Sepasang Melon Jepang Dijual Rp 154 Juta

ANTARA/Hasan Sakri Ghozali

TEMPO.COTokyo -Berapa umumnya harga melon? Pasti tak akan mencapai jutaan apalagi ratusan juta. Namun di Jepang, sepasang melon dilelang pekan kemarin. Melon itu  laku terjual 1,6 juta yen atau sekitar Rp 154 juta.

Harga itu merupkan harga tertinggi dalam penjualan buah tadi. Sang pembeli tak diketahui namanya. Namun ia membeli melon tersebut pada hari pertama musim belanja.  Melon tadi diberi nama melon Yubari. Melon berdaging oranye yang telah lama terkenal lezat di Jepang. Bahkan, buah jenis ini paling dicari. Setelah melewati musim dingin dan bersalju, rasa melon di Jepang bisa bertambah manis.

Nama Yubari disematkan berdasarkan kota tempat melon itu ditanam. Dua melon Yubari dilelang di utara Kota Yubari pada acara panen tahunan. Seorang pedagang grosir buah lokal tersentak, melon yang memiliki berat 3,7 kilogram ditawar dengan nilai lelang tertinggi.

Harga melon itu sebenarnya bukan yang termahal. Pada tahun 2008, sepasang melon Yubari pernah terjual dengan harga 2,5 juta yen atau sekitar Rp 287 juta di rumah lelang. Kualitas melon Yubari yang tinggi bisa dilihat dari kulit yang sempurna, bermotif halus merata.

Masyarakat Jepang menganggap melon merupakan barang mewah yang umumnya diberikan sebagai hadiah. Di Jepang, satu apel harganya bisa lebih dari US$ 5 dan satu bungkus berisi 20 ceri dijual seharga lebih dari US$ 100 atau sekitar sekitar Rp 923 ribu. Penggemar buah-buahan di Jepang terbiasa membeli buah dengan harga tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: