Semut Jerman Ini Piawai Mendeteksi Gempa

Semut Jerman Ini Piawai Mendeteksi Gempa  

Sxc.hu

TEMPO.COBerlin – Semut ternyata dapat merasakan gempa sebelum gempa yang lebih besar dirasakan manusia. Para peneliti di Jerman menemukan, semut kayu merah juga cenderung memilih untuk membangun koloni mereka di sepanjang patahan aktif.

Gabriele Berberich dari University of Duisburg-Essen mengatakan perilaku semut secara signifikan berubah sebelum gempa bumi berkekuatan di atas 2,0 menghantam wilayah tempat koloni mereka berada. Perilaku mereka tidak kembali normal sampai sehari setelah gempa. Berberich menyajikan hasil penelitiannya di forum pertemuan tahunan Eropa Geosciences Union di Wina.

Timnya, yang menghitung 15 ribu gundukan semut di sepanjang sesar aktif, mengamati perilaku semut-semut itu selama tiga tahun antara tahun 2009 dan 2012. Tim menemukan semut akan menjalani aktivitas yang biasa selama hari sebelum kembali ke “rumah” mereka di malam hari. Namun, sebelum gempa bumi, semut akan tetap terjaga dan tetap berada di luar gundukan pada malam hari.

Berberich sebelumnya menyatakan serangga mampu memprediksi gempa bumi dengan mendeteksi perubahan emisi gas atau pergeseran medan magnet bumi. “Semut kayu merah memiliki reseptor kemo untuk gradien karbon dioksida dan reseptor magnet untuk medan elektromagnetik,” katanya.

Penelitian ini menyebut semut hanya mengubah perilaku mereka menjelang dan usai gempa berkekuatan 2 pada skala Ritchter, yang merupakan gempa bumi terkecil yang bisa merasakan manusia. Ia belum bisa menjelaskan mengapa atau bagaimana mereka bereaksi terhadap rangsangan gempa. Ia berencana untuk meneliti di daerah yang lebih aktif tingkat kegempaannya untuk  melihat apakah semut bereaksi terhadap gempa yang lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: