China Punya Lift Outdoor Tertinggi di Dunia!

img

Lift Bailong di Wulingyuan, China (zhangjiajie.gov.cn)

Zhangjiajie – Lift di mal dan gedung-gedung bertingkat lainnya sudah biasa. Tapi di Zhangjiajie, China, ada lift di bagian luar tebing setinggi ratusan meter. Bailong Elevator adalah lift outdoor tertinggi di dunia. Wow!

Pernah Anda melihat ada lift di sisi luar tebing yang menjulang tinggi ratusan meter? Ternyata itu bukanlah hal mustahil. Coba saja Anda datang ke wilayah Wulingyuan di Kota Zhangjiajie, Hunan, China.

Lift kaca ini juga diklaim sebagai lift kaca outdoor tertinggi di dunia. Lift ini akan membawa traveler pada puncak tebing dengan ketinggian 330 meter. Bailong Elevator juga berhasil mendapat 3 Guinness World Records, yaitu lift outdoor tertinggi di dunia, lift wisata tertinggi di dunia dengan double dek, dan lift tercepat dengan kapasitas terbesar di dunia, dikutip dari Tourism Zhangjiajie, Kamis (11/4/2013).

Bailong Elevator atau disebut juga dengan Hundred Dragons Elevator ini, satu-satunya lift yang bisa membawa traveler naik sampai ke puncak tebing. Setiap lift ini terbuat dari kaca, sehingga traveler bisa melihat pemandangan sekitar dengan jelas.

Kerennya lgi, dalam satu lift ini bisa mengangkut sekitar 48 orang untuk satu kali jalan. Hanya butuh waktu sekitar 2 menit untuk lift bisa sampai di puncak tebing batu tersebut. Wush!

Lift ini pertama kali dibuka pada tahun 2000 setelah dibuat pada tahun 1999. Namun sayang, dengan adanya Bailong Elevator justru mencuat kritikan keras dari pecinta lingkungan. Ya, karena lift dibuat di tengah-tengah Wulingyuan yang menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Di wilayah Wulingyuan terdapat sekitar 3.000 tebing yang terbentuk dari batuan pasir dan menjulang setinggi 200 meter. Tebing-tebing batu ini terletak di antara jurang, ngarai, sungai, dan air terjun.

Tidak hanya itu, di wilayah ini juga terdapat sekitar 40 gua dan ada dua jembatan alam yang besar. Semua pemandangannya semakin lengkap karena lanskap alam ini juga menjadi rumah untuk sejumlah tanaman dan hewan.

Sumber :http://www.detik.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: