Teknologi Printer 3D Bantu “Permak” Wajah Pria Ini

detail berita
Eric Moger (Foto: Watoday)

LONDON – Teknologi printer 3D bisa dimanfaatkan untuk membantu pria ini mendapatkan kembali bentuk wajahnya yang hilang. Eric Moger diketahui menjalani operasi pembedahan untuk mengangkat tumor yang ada di bagian wajah bagian kirinya.

Dilansir Watoday, Senin (1/4/2013), menggunakan teknik pemindaian dan menggunakan bantuan komputer, para ahli menciptakan kembali bentuk wajah pria berusia 60 tahun tersebut. Untuk mencetak wajah prostetik ini, para ahli menggunakan teknologi printer tiga dimensi (3D).

Para ahli dapat menggunakan tipe baru dari sebuah printerinovatif yang mampu membangun lapisan demi lapisan plastik nilon serta memproduksi komponen yang mereka butuhkan. Wajah palsu ini cukup membantu Eric ketika meminum segelas air dan mencicipi makanan.

“Saya sangat kagum dengan ini. Ketika saya pertama kali memasangnya ke wajah, aku tidak percaya bagaimana wajah prostetik ini bisa terlihat baik,” ungkapnya.

Printer tiga dimensi dikembangkan oleh industri manufaktur untuk memproduksi komponen prototip cepat. Dyson, perusahaan teknologi dan vacuum cleaner melakukan penelitian dan pengembangan mereka secara luas.

Andrew Dawood, seorang ahli bedah gigi dan spesialis implan mulai menggunakan pencetakan 3D beberapa tahun lalu. Mesin cetak canggih tersebut membantu menghasilkan replika tulang rahang pasiennya sehingga ia bisa mempraktekkan prosedur bedah.

Sumber :http://www.okezone.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: