Lahir Dengan Kelainan Jantung, Bayi Dipasangi Pembuluh Darah Sapi

Keluarga Hartley (Foto: Daily Mail)
Edinburgh, Ingris, Seorang bayi dilahirkan dengan cacat jantung langka. Salah satu pembuluh darahnya terlalu besar sehingga mengalirkan darah berlebihan ke jantung. Pembuluh darahnya kemudian ditambah dengan pembuluh darah sapi agar fungsi tubuhnya dapat berjalan normal.Bayi bernama Caitlin Hartley ini sempat menjalani 4 kali operasi karena jantungnya berhenti berdenyut selama 3 menit dan paru-parunya tidak berfungsi. Lewat perjuangan keras, Caitlin berhasil melalui semua operasi ini dan kini bisa tersenyum lebar di usianya yang mencapai 16 bulan.

“Caitlin menakjubkan. Dia dengan cepat sehat kembali. Dia tidak pernah tinggal di rumah sakit lebih dari 10 hari setelah operasi. Kami selalu waspada jika dia pilek atau tampak sedikit sakit, bisa jadi ada yang salah dengan jantungnya. Tapi dia seperti sebongkah energi dan kami harus tetap positif,” kata ibunya, Marie (32) seperti dilansir Daily Mail, Jumat (8/2/2013).

Caitlin dilahirkan di Edinburgh Royal Infirmary pada tanggal 20 September 2011. Setelah dilahirkan, hasil pemeriksaan menunjukkan adanya kelainan jantung yang disebut truncus arteriosus. Kelainan ini amat langka, hanya terjadi pada kurang dari 1 di antara 10.000 bayi.

Jika pembuluh darah arteri yang normal ada 2, yaitu yang mengalirkan darah keluar dari sisi kiri dan kanan jantung, maka Caitlin hanya memiliki satu arteri yang besar. Akibatnya aliran darah dari jantung yang masuk ke paru-paru jadi terlalu banyak.

Pada bulan Oktober 2011, ia menjalani operasi untuk memasang pembuluh darah sapi di Rumah Sakit Anak Yorkhill di Glasgow. Operasi ini berhasil, namun sempat membuahkan komplikasi. Ketika itu jantungnya berhenti berdenyut selama 3 menit sehingga harus dikejutkan dan diberi adrenalin.

Pada bulan Februari 2012, Caitlin dioperasi lagi untuk memasang stent agar tekanan di jantungnya berkurang. Operasi ini berjalan lancar, namun beberapa waktu kemudian paru-parunya tidak berfungsi sehingga lagi-lagi masuk kamar operasi dan dirawat selama 7 hari.

Bayi kecil ini kembali menjalani operasi jantung pada bulan Agustus dan Oktober 2012 untuk menambah 3 stent lagi pada pembuluh darahnya. Untuk membiayai operasi Caitlin, sang ayah berjanji akan melakukan lari maraton sejauh 2.013 km demi menggalang donasi sebanyak 10.000 poundsterling atau sekitar Rp 152,25 juta.

Sampai saat ini, ayah Caitlin telah mendaftarkan diri pada 8 perlombaan maraton, setengah maraton dan berbagai perlombaan lari di seluruh Inggris agar dapat mencapai target. Tanggal 1 Januari 2013 lalu, ia sudah berhasil berlari sejauh 188 km, setara dengan 4,5 maraton.

Sumber :http://www.detik.com/
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: