Deryn, Satu-satunya Bocah di Dunia Penyandang 2 Kanker Mematikan

Deryn Blackwell (dok: Daily Mail)
Jakarta, Deryn Blackwell didiagnosis leukemia ketika ia berusia 10 tahun. Namun cobaan tidak berhenti di situ, saat ia berusia 12 tahun, Deryn didiagnosis penyakit mematikan yang menjadikannya satu-satunya orang di dunia yang memiliki 2 penyakit tersebut sekaligus.Ketika Deryn didiagnosis leukemia, orang tuanya berpikir kondisinya tidak akan lebih buruk lagi. Tapi setelah 2 tahun berjuang dengan kanker yang dideritanya, dokter menemukan bocah ini mengembangkan Langerhans Cell Sarcoma yang mematikan.

“Anak saya sedang berjuang melawan 2 kanker, leukemia dan Langerhans Cell Sarcoma. Dia benar-benar menjadi 1 dari 7 miliar orang di seluruh dunia yang memiliki kedua penyakit tersebut,” ujar sang ibu, Callie (32 tahun), seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (14/2/2013).

Apa yang dialami oleh keluarga dari Watton, Norfolk ini seperti rollercoaster, Deryn didiagnosis leukemia pada Juli 2010 setelah kelenjarnya membengkak dan ia tidak nafsu makan.

Lalu 3 bulan kemudian ia menderita usus buntu dan hanya memiliki kesempatan 20 persen untuk pulih dari operasi karena sel darah putih yang sedikit serta trombosit yang rendah. Beruntung operasi tersebut berjalan sukses dan pada bulan Mei 2011 ia dinyatakan remisi.

Namun pada Agustus 2012, Deryn mengeluh sakit di amandelnya. Dokter spesialis THT yang melihat memutuskan untuk mengangkat amandel, tapi karena amandel sangat besar dan keras seperti batu sehingga sulit diangkat, dokter pun melakukan analisis dengan amandel tersebut.

Hasil tesnya mengejutkan karena Deryn mengembangkan jenis kanker yang disebut Langerhans Cell Sarcoma. Kanker ini sangat langka dan diperkirakan hanya ada 4 penderita lain di seluruh dunia. Sarkoma sendiri adalah kelompok kanker mematikan yang menyerang jaringan ikat termasuk lemak, tulang rawan, otot dan tulang.

Para konsultan onkologi top di dunia berkumpul untuk memutuskan perawatan terbaik bagi Deryn. Para ahli ini tertarik menangani kasus kesehatan yang unik dan belum pernah ditemukan sebelumnya.

Akhirnya Deryn diputuskan dirawat di Bristol Royal Hospital for Children untuk menjalani operasi transplantasi sumsum tulang untuk menyelamatkannya. Sebagian besar waktu Deryn dihabiskan untuk pengobatan radioterapi dan menjaga sistem kekebalan tubuhnya.

“Kanker sarkoma sangat jarang, tetapi mereka telah memutuskan ini adalah perawatan terbaik. Hal ini disebut protokol R3 yang melibatkan 12 hari pengkondisian, radioterapi seluruh tubuh dan radioterapi yang ditargetkan di tenggorokan,” ungkap Callie.

Rencananya Deryn menjalani operasi transplantasi sumsum tulang pada 1 Maret, kemudian berada dalam isolasi total selama 3-7 bulan. Jika semuanya berjalan dengan baik, ia akan dipindahkan ke Addenbrookes Hospital, Cambridge setidaknya selama 1 bulan untuk menjalani perawatan intensif dan pemulihan.

Deryn yang kini berusia 13 tahun berada di rumah sakit selama 3 bulan untuk menjalani kemoterapi intensif dan hanya berada di rumah selama 2 minggu. Ia pun kini harus kembali ke rutinitas pengobatannya.

“Deryn begitu ceria dan sangat positif karena ingin segera menyelesaikannya untuk bisa kembali ke sekolah. Ia memiliki nilai yang bagus dalam segala hal dan ia ingin menjadi dokter,” ujar sang ayah, Simon.

Jika semuanya berjalan dengan baik, Deryn tetap harus melakukan pemeriksaan tes darah selama sisa hidupnya untuk mengetahui apakah kankernya muncul kembali atau tidak, serta masih ada risiko lain seperti katarak dan infertilitas akibat pengobatan yang sudah dijalani.

“Namun Deryn percaya bahwa setelah tahun ini berakhir, ia memiliki sisa hidup yang lebih baik dan bisa melakukan apa yang dia inginkan. Kami keluarganya akan selalu berada di belakang untuk mendukungnya,” ujar Simon.

Sumber :http://www.detik.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: