Rahasia Sehat Kakek 77 Tahun: Olahraga di Salju Cuma Pakai Celana Dalam

Gao Yinyu (Foto: getty image)
Jilin, China, Ada banyak rahasia agar Anda dapat berumur panjang. Mulai dari makanan sehat hingga rutin latihan olahraga. Tapi bagi Gao Yinyu, rahasia sehatnya adalah berolahraga di suhu dingin bersalju hanya dengan mengenakan celana dalam.Bila pada musim dingin dan salju banyak orang yang malas keluar rumah untuk berolahraga, kebalikannya dengan Gao Yinyu. Agar tetap fit, kakek 77 tahun asal Jilin, China, ini selalu rutin melakukan olahraga, bahkan saat lingkungan sedang putih tertutup salju dan suhu mencapai -25˚ C.

Yang paling ekstrem, dengan suhu sedingin itu pensiunan guru ini malah hanya mengenakan celana dalam, yang dilengkapi dengan sepatu dan sarung tangan. Meski demikian, ia terlihat baik-baik saja bahkan tampak sangat bersemangat.

Kakek Yinyu sudah melakukan rutinitas tersebut selama 10 tahun terakhir. Dan menurut laporan, ia bahkan tak pernah mengalami pilek atau flu, seperti dilansir Huffingtonpost, Selasa (22/1/2013).

Tapi tidak semua orang diperbolehkan berolahraga pada suhu ekstrem, apalagi hanya mengenakan celana dalam seperti yang dilakukan kakek Yinyu.

Bila Anda ingin mencoba berolahraga di suhu dingin, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

1. Saat Anda berolahraga, tubuh bekerja dengan tetap menjaga suhu tubuh 98,6˚ F atau 37˚ C. Tapi beberapa orang akan membutuhkan pakaian berlapis bila ingin berolahraga saat suhu dingin.

2. Lindungi kaki, tangan dan telinga adalah hal penting, karena darah paling jauh mengalir ke organ-organ ini. Dengan menggunakan sepatu dan sarung tangan, akan membantu Anda tetap hangat berolahraga di suhu dingin dan menghindari risiko radang dingin.

3. Hindari olahraga di saat salju turun, hujan atau angin kencang. Tubuh memiliki waktu sulit mengelola suhu saat basah, air menarik panas dari badan 25 kali lebih cepat daripada udara karena kepadatan yang lebih tinggi dan kapasitas panas.

Angin kencang juga bisa berbahaya, mendorong udara dan kelembaban masuk ke dalam pakaian dan menghilangkan lapisan udara hangat yang mengelilingi tubuh.

4. Tetap terhidrasi (cukup minum) sama pentingnya saat berolahraga di cuaca dingin dan panas. Minumlah air sebelum, selama dan setelah latihan, bahkan jika Anda tidak benar-benar haus.

Anda bisa dehidrasi dalam suhu dingin seperti panas karena sama-sama mengeluarkan berkeringat, bernapas dan produksi urine meningkat, tetapi mungkin lebih sulit merasakannya selama cuaca dingin.

Beberapa tips di atas hanya sebagai tahap awal. Pastikan juga Anda memeriksakan kondisi tubuh dengan dokter bila ingin berolahraga di suhu dingin, terutama jika Anda memiliki asma atau masalah jantung.

Sumber :http://www.detik.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: