Ingin Dihormati, Pria Turki Lakukan Transplantasi Kumis

Foto : PM Turki memelihara kumis tipis yang rapih (andrewbostom.org)

Foto : PM Turki memelihara kumis tipis yang rapih (andrewbostom.org)
ISTANBUL – Kumis adalah hal yang penting bagi Pria Turki. Nilainya sebagai simbol kejantanan membuat banyak pria di negara itu memutuskan untuk melakukan transplantasi kumis.“Saya telah melakukan transplantasi kumis sejak tiga tahun lalu, kebanyakan pria yang datang ke tempat saya ingin memiliki kumis agar dapat lebih dihormati oleh orang-orang di sekitarnya,” ujar seorang ahli operasi plastik, Selahattin Tulunay.

Pria berkumis memang dianggap terlihat lebih terhormat daripada pria yang tidak memilikinya. Kumis juga dianggap sebagai simbol nostalgia kejayaan Turki di masa lalu.

“Saya ingin terlihat seperti pria Turki di masa Dinasti Usmani. Saya sangat menyukai cerita kejayaan Turki di masa itu sehingga saya memutuskan untuk memasang kumis di wajah saya. Kumis adalah simbol kejantanan Turki,” ujar Engin Koc yang melakukan transplantasi kumis tujuh bulan yang lalu, seperti dikutip AFP, Kamis (31/1/2013).

Selain sebagai simbol kejantanan, kumis ternyata juga memiliki makna politik di Turki. Setiap aliran politik di Turki memiliki bentuk kumis yang menjadi cirri khasnya masing-masing.

“Kumis yang tebal seperti Stalin seringkali digunakan oleh politisi kiri dan tokoh Kurdi, sedangkan kumis yang tipis dan rapih seperti yang dimiliki Perdana Menteri Reccep Tayip Erdogan merupakan ciri khas dari politisi konservatif ,” ujar antropolog Prancis, Benoit Fliche.

“Namun apabila kumis itu dibuat runcing ke bawah seperti taring, kemungkinan besar ia adalah tokoh nasionalis radikal,” tambah Fliche.

Namun tidak semua pria Turki menginginkan untuk memiliki kumis, pria yang tinggal di kota-kota besar di Turki dinyatakan lebih menyukai wajah yang bersih daripada berkumis. Hal tersebut disebabkan kelompok tersebut lebih banyak terpengaruh oleh budaya barat yang tidak terlalu mementingkan kumis.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: