Sembilan Minggu Hilang, Remaja Australia Ditemukan Hidup di Semak

Wilayah semak di Australia
Wilayah semak di Australia( fir0002 | flagstaffotos.com.au)

VIVAnews – Seorang remaja 18 tahun di Australia secara mengejutkan berhasil selamat setelah bertahan 9 minggu di daerah semak yang rimbun. Dia ditemukan dengan kondisi dehidrasi parah, karena saat itu sedang terjadi gelombang panas di Australia.

Diberitakan National Post, Senin 28 Januari 2013, Matthew Allen, dilaporkan menghilang dari rumahnya sejak 27 November lalu. Menurut polisi setempat remaja itu ditemukan dalam keadaan yang menyedihkan.

“Tubuhnya dipenuhi lintah, penuh gigitan nyamuk yang melukai pergelangan kaki dan betisnya,” ujar Inspektur Detektif Glyn Baker seperti dikutip Sydney Morning Herald.

Lebih lanjut Baker menambahkan, ketika ditemukan Allen dalam keadaan sangat lelah, dehidrasi dan kehilangan berat badan hingga 38 kilogram. Selain itu Allen juga mengalami kehilangan penglihatan sebagian.

Remaja yang memiliki masalah kejiwaan ini kabur dari rumahnya di Westleigh, pinggiran kota Sydney, Australia tanpa membawa telepon genggam atau baju ganti. Mahasiswa akuntansi ini ditemukan oleh dua orang penjelajah semak berpengalaman Sabtu siang lalu, dua kilometer dari rumahnya.

Sepertinya Allen saat itu hendak mencari jalan pintas untuk pulang. Polisi terpaksa menggunakan helikopter untuk membawanya pulang, karena medan semak-semak yang sangat tebal.

Selama menghilang, Allen mengatakan kepada polisi bahwa dia tidak menginap di mana pun, padahal suhu di Sydney saat itu lebih dari 45 derajat celcius. Untuk bertahan hidup dia minum air dari sungai yang hampir kering dan makan beberapa ikan dan katak.

Kru penyelamat kagum Allen dapat bertahan hidup selama 9 minggu di alam liar. Menurut Direktur Operasional Sekolah Pendakian Gunung Australia, Glen Nash, umumnya manusia hanya bisa bertahan hidup 3 menit tanpa udara, 3 jam tanpa tempat tinggal di lingkungan ekstrem, tiga hari tanpa air dan 3 minggu tanpa persediaan makanan. Lebih dari itu, maka jiwa kita bisa terancam.

Semak (bush) adalah istilah yang digunakan di Australia untuk wilayah hutan yang jarang terjamah dan tidak dikelola. Biasanya terdapat di pinggiran kota dan habitat bagi binatang liar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: