Orangutan Pun Kini Bisa Gunakan iPad

Headline

IST

 

INILAH.COM, Washington – Pengelola kebun binatang Smithsonian National Zoo di Washington, AS, memutuskan untuk menambah keragaman dalam kehidupan orangutan dengan mengenalkan mereka pada iPad. Apa tujuannya?

Para pengelola kebun binatang tersebut dikabarkan menggunakan organisasi non-profit Orangutan Outreach dan sebuah program yang telah sukses di 12 kebun binatang di seluruh dunia, yakni Apps For Apes.

Para pawang di kebun binatang ini memperkenalkan enam orangutan yang mereka jaga dengan iPad lewat beragam aplikasi yang mendukung di dalamnya.

Beberapa orangutan tersebut ternyata memiliki konten aplikasi iPad favorit mereka sendiri, terutama yang berhubungan dengan suara dan musik.

Orangutan bernama Bonnie yang berusia 36 tahun suka memainkan aplikasi drum, Kyle yang berusia 16 tahun lebih suka piano dan Iris yang berusia 25 tahun senang melihat dan memainkan live wallpaper bertema kolam ikan koi yang interaktif.

“Program Apps For Apes sangat sempurna dalam era baru kebun binatang,” ujar Becky Malinsky, salah satu pawang orangutan tersebut.

“Ini mengenai perubahan dari kehidupan sehari-hari para binatang kami. Kami sudah memberi mereka variasi makanan, mainan, dan interaksi sosial setiap hari, tetapi penggunaan iPad menawarkan cara lain yang melibatkan penglihatan, sentuhan dan pendengaran mereka sekaligus,” tambahnya.

Program ini dimulai sejak tahun lalu, yang dalam beberapa bulan terakhir telah berkembang konten aplikasinya menjadi lebih dari 10 buah, termasuk alat musik, permainan kognitif, menggambar dan lain-lain.

Ke depannya para kebun binatang diharapkan dapat menggunakan fitur iPad video conference sehingga orangutan nantinya dapat berinteraksi dengan sesama jenisnya di kebun binatang lain.

Sejak 1994, kebun binatang Smithsonian National Zoo menggunakan monitor layar sentuh sebagai bagian dari studi kognitif yang menguji ingatan orangutan, penggunaan alat dan interaksi sosial.

Orangutan merupakan primata asli Indonesia ini hidup di hutan hujan tropis Kalimantan dan Sumatera. Para ilmuwan mengatakan sejak 75 tahun yang lalu hingga saat ini jumlah orangutan liar telah menurun hingga 80% di populasi aslinya.

Bahkan organisasi PBB International Union for Conservation of Nature juga menyatakan bahwa orangutan Kalimantan telah terancam punah dan orangutan Sumatra sudah kritis jumlahnya.

Dilansir SmithsonianScience, organisasi Orangutan Outreach ini juga menerima sumbangan iPad dan akan mendistribusikannya langsung untuk berbagai kebun binatang lainnya.

Penasaran ingin melihat seperti apa orangutan memainkan iPad? Saksikan saja videonya di tautan berikut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: