Dilarang ke Toilet, Buruh China Sandera Bosnya

Foto: Orange

Foto: Orange
SHANGHAI – Para buruh di sebuah Pabrik di China menyandera pihak manajemen pabrik sebagai aksi protes terhadap satu peraturan yang dianggap berlebihan. Pihak buruh menyatakan, hanya diberi dua menit untuk ke toilet dan akan mendapat denda jika melebihi waktu tersebut.Para buruh harus membayar denda sebesar 50 yuan atau setara dengan Rp77 ribu (Rp1.548 per yuan) apabila kedapatan pergi ke toilet lebih dari dua menit. Dan apabila mereka terlambat untuk kedua kalinya, maka mereka akan terancam terkena pemecatan.

Jumlah buruh yang melakukan aksi penyanderaan tersebut dilaporkan mencapai 1.000 orang. Pihak kepolisian menyebutkan aksi penyanderaan itu berlangsung selama satu setngah hari. Demikian diberitakan Associated Press, Rabu (23/1/2013).

Terdapat sekitar 10 warga negara Jepang dan 8 warga negara China yang menjadi korban penyanderaan tersebut. Aksi para buruh berhasil dihentikan setelah kepolisian China menurunkan sekitar 300 petugasnya ke pabrik tempat penyanderaan itu terjadi.

Buruh itu sendiri bekerja di sebuah pabrik di Kota Shanghai yang dimiliki oleh perusahaan dari Jepang, Shinmei Electric Company. Saat ini China memang seringkali dilanda ketidakpuasan sosial dari warganya akibat kondisi kesenjangan ekonomi yang makin melebar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: