Pasien Transplantasi Ini Sempat Berfoto dengan Jantungnya Usai Operasi

Penny dan jantungnya (Foto: The Mirror)

Jakarta, Penny termasuk salah satu orang yang beruntung, ia berhasil selamat dari kanker dan gagal jantung karena mendapatkan donor jantung yang cocok. Saking senangnya, ia pun sempat berfoto dengan jantungnya sendiri setelah operasi.

Meski mulutnya tertutup masker medis, tapi tak bisa menyurutkan ekspresi senangnya ketika berhasil menjalani operasi transplantasi jantung. Ia pun memegang jantungnya sendiri yang sudah berhasil dikeluarkan oleh dokter.

Temannya, Kelsey mengupload gambar tersebut dengan menulis caption ‘Ini adalah Penny teman saya. Dia memegang jantungnya sendiri. Dia telah selamat dari kanker dan gagal jantung, tapi tidak pernah kehilangan harapan. Dia pahlawan saya’.

Beruntung Penny berhasil mendapatkan donor jantung yang cocok dengan dirinya, dan ia telah selesai menjalani operasi transplantasi jantung yang panjang serta kompleks. Diperkirakan ada 3.500 transplantasi jantung yang terjadi di seluruh dunia.

Penny diizinkan untuk berfoto dengan jantungnya sendiri sebelum dikremasi. Awalnya Penny meminta izin dokter untuk membawa jantungnya sendiri pulang ke rumah, tapi dokter menolak permintaan tersebut, sehingga hanya diperbolehkan berfoto saja.

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang dapat didonorkan saat masih hidup atau setelah seseorang meninggal dunia. Namun dibutuhkan perhitungan waktu yang tepat agar jantung masih dapat berfungsi dengan baik.

Pengambilan organ untuk transplantasi dari donor orang yang sudah meninggal hanya bisa dilakukan ketika jantung masih berdenyut. Artinya, ketika organ ini diambil masih ada darah yang mengaliri organ tersebut sehingga dapat berfungsi dan tidak mengalami kerusakan.

Pasien yang mengalami kematian batang otak secara teknis sudah meninggal karena otaknya sudah tidak bisa berfungsi lagi. Namun beberapa organ tertentu seperti jantung masih bisa bekerja dengan bantuan alat yang dipasang.

Sumber :http://www.detik.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: