Duh! Gigi Palsu Nyangkut di Kerongkongan, 9 Pekan Tak Ketahuan

Nerming Keating (Foto: Frenchtribune)

Braintree, Essex , Meski tak disengaja, biasanya orang akan segera sadar jika ada gigi palsu tertelan. Apalagi jika nyangkut di kerongkongan. Namun di Inggris, kasus seperti ini baru ketahuan setelah 9 pekan dan bahkan dokter sempat salah diagnosis.

Nerming Keating, nenek berusia 75 tahun yang tinggal di Braintree, Essex tak sengaja menelan gigi palsu pada Bulan November 2012. Anaknak perempuannya, Umit Maddock yang tinggal bersamanya tidak tahu menahu soal gigi palsu ibunya yang tertelan.

Saat Nerming mulai mengalami gangguan kesehatan di sekitar saluran napas, Maddock membawanya ke dokter lalu dokter memberi tahu bahwa sang ibu yang juga mengidap Parkinson itu mengalami infeksi paru-paru dan harus diobati dengan antibiotik.

Obat yang diberikan tidak manjur, sehingga beberapa hari kemudian Maddock membawa ibunya untuk diperiksa kembali. Sampai pada saat itu, dokter masih mengiranya sebagai gejala infeksi dan malah memberikan tambahan antibiotik untuk melanjutkan pengobatan sebelumnya.

Baru pada kunjungan ketiga, Maddock menceritakan bahwa ibunya mengaku bahwa gigi palsunya hilang. Itu pun belum mampu mengungkap penyebab sakit yang tidak sembuh-sembuh. Dokter belum juga mengaitkan hilangnya gigi palsu dengan gangguan kesehatan yang dialami Nerming.

Akhirnya pada kunjungan keempat, Nerming mengalami perubahan suara yang tidak biasa. Suaranya seperti orang tercekik, sehingga dokter mulai curiga ada sesuatu entah di tenggorokan atau di kerongkongannya.

Dugaan yang munculnya agak terlambat itu tidak meleset, ada gigi palsu di kerongkongan Nerming. Dengan bantuan forseps, dokter mengeluarkan 11 gigi palsu dari tempat itu.

“Saya tidak bisa benar-benar mempercayai apa yang terjadi. Saya hanya merasa lega sudah dikeluarkan,” kata Maddock seperti dikutip dari Frenchtribune, Senin (21/1/2013).

Kini kondisi Nerming berangsur-angsur pulih. Hanya saja untuk sementara ini, perempuan tersebut disarankan untuk menjalani diet cairan oleh dokter.

Sumber :http://www.detik.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: