Bangun dari Koma, Mendadak Bisa Bahasa Asing

Bangun dari Koma, Mendadak Bisa Bahasa Asing

sxc.hu

TEMPO.COLondon-Tak perlu beli kamus apalagi ikut kursus. Seorang pria Inggris baru baru ini mendadak bisa bahasa Welsh usai terbangun dari koma. Padahal, dia Cuma bisa bahasa Inggris dan tak pernah belajar bahasa Welsh.

Alun Morgan, 81 tahun, dibesarkan berbicara bahasa Inggris. Veteran perang ini pernah tinggal di Wales beberapa bulan saat dievakuasi selama Perang Dunia II. Morgan disinyalir belajar bahasa Welsh saat dievakuasi. Namun dia mengaku tak menuturkan bahasa itu selama 70 tahun. Istri Morgan sendiri lancar dengan bahasa Welsh. 

Setelah stroke, Morgan berada dalam koma selama tiga pekan. Saat siuman, mendadak tanpa sadar dia berbicara Welsh. “Saya merasa berbicara seperti biasa. Namun istri saya heran karena saya berbicara dengan bahasa lain,” katanya, Jumat pekan lalu.

Warga setempat menuturkan, selama dua hingga tiga hari kemudian dia perlahan kembali menuturkan bahasa Inggris dengan kesusahan. Menurut Morgan, kosakata Inggris kembali padanya secara bertahap. Dia dilaporkan harus mengambil kuruses untuk bisa kembali menuturkan bahasa Inggris. Kini, dia menyatakan ia hampir lupa dengan bahasa Welsh.

Joe Korner dari Association Stroke mengatakan dugannya Alun terkena Aphasia, yakni gangguan yang kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dan memproses bahasa. Gangguan terkait kemampuan berbahasa bisa terjadi usai serangan stroke.

Namun, Korner mencatat, beberapa penderita stroke kehilangan kemampuan bahasa atau berjuang untuk mengingat kata-kata. Namun ada juga yang malah membuka kemampuan terpendam bahasa mereka yang tak disadari. “Kami percaya otak yang rusak menemukan jalur baru, yang membuka kenangan atau pengetahuan yang laten,” kata Korner.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: