Dialog Islam-Kristen Seputar Tahun Baru

Saya pernah bertanya kepada teman saya, di mana dia sendiri adalah orang Kristen. Kami berdiskusi, dia bertanya kepada saya tentang Islam dan saya bertanya kepada dia tentang Kristen. Kebetulan dia juga teman dekat saya, satu kampus. Kami berdiskusi siang dan malam, tentang Islam dan Kristen. Timbul didalam hati saya untuk bertanya kepada dia tentang Natal dan Tahun Baru apa yang mereka kerjakan.

Saya bertanya kepada dia, “Apa yang kalian lakukan ketika Natal dan Tahun Baru. Apakah sembahyang atau apa?”

Teman Saya orang Kristen tadi menjawab “Sama seperti kalian (umat Islam), kami pada hari Natal juga sembahyang.”

Saya bertanya lagi “Lalu Tahun Baru, apa yang dilakukan?”

Teman saya orang Kristen tadi menjawab “Orang – orang mengira hari raya kami itu pada Natal (25 Desember) saja. Padahal tidak, hari raya kami itu dari tanggal 25 desember dan puncak nya Tahun Baru itu (tanggal 1).”

Setelah itu dia bertanya kepada saya. “Ayat apa didalam Al-Quran yang paling engkau sukai?” Maka saya menjawab “Surat Al-Ikhlas” Dia bertanya lagi “Apa intinya?” Lalu saya bacakan surat Al-Ikhlas dan artinya.

“Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan, Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.” (Q.S Al-Ikhlas ayat 1 – 4)

Dia diam ketika saya bacakan ayat ini, karena surat Al-Ikhlas ini adalah bantahan terhadap keyakinan mereka. Dimana mereka (orang Kristen) mengatakan bahwa Nabi Isa adalah Anak Tuhan. Padahal didalam Surat Al-Ikhlas “Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan” setelah itu dia diam dan tidak bertanya lagi.

Pertanyaan ini sering dia tanyakan kepada saya, sebelum nya dia juga pernah juga bertanya “Ayat dan surat apa yang paling engkau cintai didalam al-Quran” dan seterus nya. Hampir – hampir saja dia masuk Islam. Karena lingkungan dia hidup ada muslim dan teman dia lebih banyak muslim. Dan dia sendiri pernah berkata : “Saya lebih enak bergaul dengan orang Muslim dari pada orang Kristen sendiri”

Inilah sekilas dialog saya dengan teman saya (orang nashrani/Kristen). Yang ingin saya beritahukan kepada kalian semua nya adalah apa yang dia katakan tadi.

“Orang – orang mengira hari raya kami (umat nasrani) itu pada Natal 25 Desember saja. Padahal tidak, hari raya kami itu dari tanggal 25 desember dan puncak nya Tahun Baru itu (tanggal 1).”

Inilah pengakuan mereka, yang saya dengar langsung dari kedua telinga, dan saya perhatikan dengan jelas.

Dengan demikian jelas sudah, bahwa Tahun Baru Masehi itu adalah Hari Raya mereka dan mereka beribadah pada hari ini. Maka tidaklah pantas bagi seorang Muslim yang beriman untuk mengikuti Hari Raya Mereka, baik itu Natal, Tahun Baru dan yang lain nya. Siapa saja yang mengikuti Hari Raya mereka, maka dia terancam kedalam sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi wa Sallam

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, berarti ia dari golongan mereka.” [Hadits Shahih. Dikeluarkan oleh Abu Dawud (4031), Ahmad (5093, 5094, 5634) Di Shahihkan oleh Syaikh Ali Hasan Al-Halaby]

“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum” artinya siapa saja yang mengikuti kebiasaan suatu kaum yang itu merupakan kekhususan mereka. Seperti ikut didalam hari raya mereka dan lain – lain. Maka akibat nya adalah “Berarti ia dari golongan mereka”

Hadits ini setegas – tegas nya dalil yang melarangan kita untuk ikut bertolerasi didalam masalah peribadatan mereka. Baik itu Natal, Tahun Baru dan yang lain nya.

Sudah cukup bagi kita dua Hari Raya yang Allah pilihkan bagi kita, Idhul Fithri dan Idhul Adha.Maka dari itu, wahai saudaraku seiman. Janganlah kalian mengikuti kebiasaan mereka, terutama merayakan Tahun Baru. Jika tidak maka kalian terancam kedalam hadits diatas.

Hanya Allah-lah yang bisa memberikan hidayah. [Prima Saputra/fb]

Iklan

24 Komentar (+add yours?)

  1. ilham maulana malik
    Jan 12, 2011 @ 08:16:51

    subhanallah….. gx prnh sadar,trnyta selama ini stiap mlm thun bru masehi yg d rayakan itu,,hari raya umat nasrani….

    ya allah,,,,
    ampun,,,,,

    Balas

    • scorpio
      Jan 12, 2011 @ 08:47:18

      ma kasih telah mampir….

      Balas

    • rulix
      Okt 09, 2011 @ 15:43:26

      YANG BENER 25 DES KELAHIRAN YESUS (TUHAN) RASA BERUNTUNGNYA UMAT KERISTEN MENDAPAT KESELAMATAN DARI TUHAN, PERAYAAN TAHUN BARU 1 JANUARI SEPERTI SYUKURAN LEBIH KEPADA RASAY SYUKUR ATAS SEGALA NIKMAT DITAHUN LALU KEMUDIAN BERDOA UNTUK TAHUN YG AKAN DATANG………..KEMUDIAN PENGAKUAN BETAPAPUN BESARNYA DOSA YG KITA LAKUKAN DI TAHUN YG LALU………….SAMA JUGA IMLEK (MALAH MEREKA TERKAIT LANGSUNG DENGAN PANEN DSB.)
      NAH KALO PERAYAAN DI INDONESIA KALAU SAYA TIDAK PERNAH MERAYAKAN YANG KAYAK DI JALAN KEMBANG API DSB, KAMI SEKELUARGA HARUS DOA TENGAH MALAM (GAK BOLEH KELUAR SAMA ORANG TUA) ITU WAJIB, JADI BIARIN AJA ORANG LAIN BUAT PETASAN TINGGAL KAMI YANG HARUS BERDOA DENGAN DENTUMAN MERIAM,,,,,,,,,,,,,HEHEHEHEHE/……………..DAMAI OIIIIIIIIIIIIIII…..

      Balas

  2. ilham maulana malik
    Jan 12, 2011 @ 08:17:52

    subhanallah,,,, baru sadar gw slama ini….

    Balas

    • scorpio
      Jan 12, 2011 @ 08:48:51

      Perayaan2 seperti Tahun Baru, Ultah maupun Hari2 Nasional tidak boleh kita merayakannya.Karena hukumnya Haram….

      Balas

      • hidup
        Mar 13, 2011 @ 15:10:57

        scorpio , lebih baik lagi tidak sekedar hura hura tahun baru , tapi menghindari judi , prostitusi dan kejahatan lain nya

  3. Cwetiezt
    Jan 28, 2011 @ 11:44:42

    hmm… klo niatnya cuma pngen sneng2 gk pa2 kn??

    Balas

  4. hidup
    Mar 13, 2011 @ 15:02:11

    wah , jawaban tentang anak ALLAH tidak semudah tulisan di atas , tetapi , pengertian anak dalam arti ciptaan ALLAH yang diberikan kuasa yang besar , seperti hal nya jika kita ditanyakan
    siapa nabi yang akan turun kedunia pada akhir jaman ?
    silahkan jawabanya cari di semua kitap suci semua agama

    Balas

  5. hidup
    Mar 13, 2011 @ 15:07:54

    tanggapan saya yang kedua , jika kita percaya pada ALLAH , maka tidak ada yang mustahil untuk ALLAH , termasuk cara dia memberi jawaban tentang surat AL-IKHAS,
    yang sangat pasti agama tidak dapat diperdebatkan , agama adalah suatu pembatasan pada manusia untuk terhindar dari dosa dan dalam hidup hukum yang paling harus ditegakan adalah 10 perintah ALLAH
    karena ALLAH adalah SATU dan ESA

    Balas

  6. semar
    Apr 09, 2011 @ 13:48:32

    QS. 022:067 “Bagi tiap-tiap umat telah Kami tetapkan syariat tertentu yang mereka lakukan, maka janganlah sekali-kali mereka membantah kamu dalam urusan (syariat) ini dan serulah kepada (agama) Tuhanmu. Sesungguhnya kamu benar-benar berada pada jalan yang lurus”

    Balas

  7. semar
    Apr 09, 2011 @ 13:49:12

    QS. 049:012 “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang.”

    Balas

  8. krakatoa
    Apr 22, 2011 @ 04:31:34

    Blog ini kami tujukan kepada semua manusia yang beradab, yang masih memiliki hati nurani, dan yang masih memiliki akal budi didalam dirinya.

    Begitu membaca judul blog ini, sebagian dari kita pasti beranggapan bahwa blog ini adalah blog pembenci buta terhadap Islam, blog sesat, blog fitnah, blog penista, dan penghujat Islam ataupun sebutan lainnya. Kami maklum terhadap hal itu, karena banyak diantara kita yang tidak mengetahui seperti apa sejarah kehidupan Muhammad sebenarnya! Banyak hal yang telah disensor dari kita! Pernahkah anda mendengar perkataan Muhammad dan hadis2 berikut ini?

    Rasulullah (Muhammad) mengatakan, “Saya memiliki LIMA hal yang TIDAK DIBERIKAN KEPADA SIAPAPUN SEBELUM SAYA. Saya diberikan kemenangan lewat TEROR / KETAKUTAN (yang diinspirasi oleh saya)…. dan BARANG JARAHAN dibuat halal bagi saya, dan tidak dihalalkan bagi siapa saja sebelum saya …”. (Hadis Muslim 4:1058)

    Rasulullah berkata, “Aku telah diperintahkan (oleh Allah) untuk MEMERANGI orang2 sampai mereka mengaku bahwa tidak ada yang patut disembah selain Allah dan aku adalah Rasul Allah…” (Hadis Bukhari 2:24)

    >>Download blog ini lengkap (20 MB)<> MENAFSIRKAN AYAT QURAN DENGAN BENAR (klik disini)<<

    “BARANG SIAPA MENCARI AGAMA SELAIN AGAMA ISLAM, MAKA SEKALI-KALI TIDAKLAH AKAN DITERIMA (AGAMA ITU) DARIPADANYA, DAN DIA DI AKHIRAT TERMASUK ORANG-ORANG YANG RUGI” (QS 3:85).

    "HAI NABI, BERJIHADLAH (MELAWAN) ORANG-ORANG KAFIR DAN ORANG-ORANG MUNAFIK ITU, DAN BERSIKAP KERASLAH TERHADAP MEREKA" (QS 9:73).

    “KELAK AKAN AKU JATUHKAN RASA KETAKUTAN KE DALAM HATI ORANG-ORANG KAFIR, MAKA PENGGALLAH KEPALA MEREKA DAN PANCUNGLAH TIAP-TIAP UJUNG JARI MEREKA” (QS 8:12).

    Anda harus tahu bahwa apa yang kami sampaikan dalam blog ini, adalah penjabaran dari kisah dan sejarah yang ditulis oleh para penulis Islam sendiri. BANYAK HAL YANG SELAMA INI TERSEMBUNYI, YANG TIDAK DIKETAHUI OLEH KITA. YANG KAMI LAKUKAN HANYALAH MENCERITAKANNYA KEMBALI KEPADA ANDA.

    Berikut nama2 sejarawan Islam awal beserta hasil karyanya yang telah diakui oleh para pakar Islam modern. Dari tulisan merekalah sebagian besar sejarah dan syariat Islam didasarkan (Setelah Quran tentunya). Silahkan klik pada nama untuk mengecek kebenarannya di Wikipedia;

    1. Ibnu Ishaq, (704-768M) ia adalah sejarawan muslim pertama, penulis Sirat Rasulullah, yang merupakan biografi tertua Rasulullah.

    2. Ibnu Sa'ad, (784-845M) ia adalah ahli sejarah Islam mula2, murid dari al Waqidi. Dia membagi tulisannya dalam delapan bagian, dan menamakannya Tabaqat (kategori2).

    3. Imam Bukhari, (810-870M) ia adalah seorang pengumpul hadis atau sunnah, (kumpulan perkataan dan perbuatan Rasulullah). Buku kumpulan hadisnya, yaitu Sahih Bukhari, dianggap paling terkemuka. Persyaratan yang ditetapkannya untuk menentukan keaslian hadis sangat ketat dan karenanya kumpulan hadisnya disebut Sahih (tepat, benar).

    4. Imam Muslim, (821-875M). Karyanya yang paling terkenal adalah kumpulan hadis yang disebut Sahih Muslim. Kitab ini disusun lebih sistematis dari Sahih Bukhari. Kedua kitab hadis sahih ini; Sahih Bukhari dan Sahih Muslim biasa disebut dengan Ash Shahihain.

    5. Tabari, (838-923M) ia adalah seorang sejarawan dan pemikir muslim dari Persia (Iran). Karyanya yang paling terkenal adalah: Tārikh ur-Rusul wal-Mulūk (Sejarah para Nabi dan Raja), yang berisi sejarah dunia hingga tahun 915M. Ia terkenal karena keakuratannya dalam menuliskan sejarah Arab dan Islam.

    Dan setelah mempelajari sejarah dari para penulis Islam tersebut, akhirnya kami mengerti, BAHWA KAMI TELAH DIBOHONGI. Kami menjadi tahu, mengapa banyak muslim yang baik, yang cinta damai dan bertoleransi, dan di lain pihak terdapat muslim radikal, yang dengan kebenciannya memusuhi orang2 kafir, dan berusaha membunuh mereka. Muslim menjadi orang yang baik, karena mereka tidak menaati ajaran Muhammad sepenuhnya, mereka masih mengedepankan hati nuraninya sebagai manusia, daripada melakukan ajaran2 picik agamanya. Sebaliknya, bagi mereka yang mendalami Quran dan Hadis dengan seksama, tanpa sensor hati nurani, kemungkinannya hanya dua, menjadi MURTADIN seperti kami, atau menjadi MUSLIM SEJATI (klik disini), yang dipenuhi rasa kebencian terhadap orang yang berbeda keyakinan seperti Noordin Muhammad Top, Amrozi CS, dan teroris2 lain didunia ini.

    Saudaraku, jika menceritakan kembali Quran, Hadis, dan sejarah kehidupan Muhammad anda anggap sebagai BENTUK KEBENCIAN TERHADAP ISLAM, itu adalah hak anda! Yang pasti tak ada niatan hati kami untuk MENGHUJAT siapapun. Dan bila anda tetap beranggapan bahwa apa yang kami ungkapkan adalah kebohongan dan fitnah, maka BUKTIKANLAH. Dengan membuktikan isi dari blog ini, anda akan menemukan mana yang benar dan mana yang salah. Anda akan mengerti seperti apakah Muhammad dan Islam itu sejatinya. Biarlah sebagian besar dari kita yang tidak tahu apa2 tentang Islam mengetahui akan pesan dan wajah asli Islam. Secepat kita mengetahui kebohongan Islam ini, secepat itu pula kita menjadi bagian masyarakat dunia yang beradab dan terhormat.

    Selamat berburu kebenaran!

    Balas

    • SOBIRIN
      Jun 18, 2011 @ 15:24:19

      SUBHANALLOH BEGITUKAH PENILAIAN ANDA ? TIDAKAH ALLOH BERPIRMAN BAHWA NMUHAMMAD ITU DI JAGA DARI PERBUATAN DOSA . BAHWA ALLOH MENGUTUS MUHAMMAD SEBAGAI SURI TAOLADAN BAGI SEKALIAN UMAT (BUKAN GOLONGAN) BAHKANSELURU ALAM SAYA TIDAK MARAH PADA ANDA KARNA PIKIRAN ANDA ITU , TAPI KETAUHILAH TEMAN ,IBLIS ITU MENGGODA KITA DARI DEPAN BELAKANG KANAN KIRI ATAS BAWAH KALO KITA BELUM JATUH DALAM PLUKANNYA DIA TIDAK AKAN MELEPASKAN KITA JANGAN LAH PIKIRAN KITA TERJERUMUS PADA HAL HAL YANG SAMAR . TEMAN ? KALO MUHAMMAD SERAKAH MENGAPA HARTA NYA KHODIJAH NGGA DI KUASAI SAJA ITU LEBIH DARI CUKUP SODARAKU KALO QUR,AN MENYESATKAN LALU UNTUK APA ALLOH BER PIRMAN BAHWA QUR,AN OBATNYA HATI SAUDARAKU SAYA BUKAN MUSLIM SEJATI SAYA TELAH MEMPELAJARI SEMUA AGAMA BAHKAN SAYA IKUT PENDETA DI DAERAH TOMANG G TAHUN 92 AN SAYAA DENGAR SENDIRI SAYA SALUT DENGAN ISLAM KARNA MULIANYA ISLA M DAN SEMPURNANYA HUKUM ISLAM TIDAK ADA YANG BERTENTANGAN DENGA N HUKUM ALAM BERPIKIRLA H DENGAN LOGIKA YANG MURNI SODARAKU ITULAH YANG DIKATAKAN SEORANG PASTOR MEMANG ADA SEJARAH YANG SANGAT MENJELEKAN ISLAM SETELAH SAYA CEK DARI BUKU LAMA TERNYATA MEREKA ADALAH ORANG ORANG YANG MUNAPIK YANG MEMANG DENDAM DENGAN MUHAMMAD KARNA KEYAKINAN DAN PENGARUH MEREKA HILANG KARNA MUHAMMAD .INGATLAH SEBUAH HADIST YANG MENERANGKAN SEPERTI INI . WAHAI MUHAMMAD APAKAH PENDUDUK THA,IP AKU MUSNAHKAN SAJA APA JAWAB MUHAMMAD KALO PENDUDUK ITU MUSNAH KEPADA SIAPA AKU AKAN MENYEBARKAN ISLAM . KALO MUHAMMAD MAU MUSNAHLAH BANI THA,IP .AHIR KATA SAYA HANYA BISA BERKATA ALLOH BERPIRMAN SESUNGGUHNYA ALLOH MENCINTAI ORANG YANG BERPIKIR DAN BERAKAL. NA UDZU BILAH MINDZALIK

      Balas

  9. arie
    Mei 30, 2011 @ 12:35:14

    agama mu agama mu agama ku agama ku. kalo menurut gw sih gpp kalo qt

    Balas

  10. oscar17
    Jun 17, 2011 @ 14:44:41

    saya kira teman anda itu bukan orang Kristen, mas…ndak pernah ada hukumnya tahun baru adalah hari raya yang harus dirayakan…coba dicrosscek dulu dengan teman Kristen yang lain, mas……

    Balas

  11. SOBIRIN
    Jun 18, 2011 @ 15:30:29

    SUBHANALLOH BEGITUKAH PENILAIAN ANDA ? TIDAKAH ALLOH BERPIRMAN BAHWA NMUHAMMAD ITU DI JAGA DARI PERBUATAN DOSA . BAHWA ALLOH MENGUTUS MUHAMMAD SEBAGAI SURI TAOLADAN BAGI SEKALIAN UMAT (BUKAN GOLONGAN) BAHKANSELURU ALAM SAYA TIDAK MARAH PADA ANDA KARNA PIKIRAN ANDA ITU , TAPI KETAUHILAH TEMAN ,IBLIS ITU MENGGODA KITA DARI DEPAN BELAKANG KANAN KIRI ATAS BAWAH KALO KITA BELUM JATUH DALAM PLUKANNYA DIA TIDAK AKAN MELEPASKAN KITA JANGAN LAH PIKIRAN KITA TERJERUMUS PADA HAL HAL YANG SAMAR . TEMAN ? KALO MUHAMMAD SERAKAH MENGAPA HARTA NYA KHODIJAH NGGA DI KUASAI SAJA ITU LEBIH DARI CUKUP SODARAKU KALO QUR,AN MENYESATKAN LALU UNTUK APA ALLOH BER PIRMAN BAHWA QUR,AN OBATNYA HATI SAUDARAKU SAYA BUKAN MUSLIM SEJATI SAYA TELAH MEMPELAJARI SEMUA AGAMA BAHKAN SAYA IKUT PENDETA DI DAERAH TOMANG G TAHUN 92 AN SAYAA DENGAR SENDIRI SAYA SALUT DENGAN ISLAM KARNA MULIANYA ISLA M DAN SEMPURNANYA HUKUM ISLAM TIDAK ADA YANG BERTENTANGAN DENGA N HUKUM ALAM BERPIKIRLA H DENGAN LOGIKA YANG MURNI SODARAKU ITULAH YANG DIKATAKAN SEORANG PASTOR MEMANG ADA SEJARAH YANG SANGAT MENJELEKAN ISLAM SETELAH SAYA CEK DARI BUKU LAMA TERNYATA MEREKA ADALAH ORANG ORANG YANG MUNAPIK YANG MEMANG DENDAM DENGAN MUHAMMAD KARNA KEYAKINAN DAN PENGARUH MEREKA HILANG KARNA MUHAMMAD .INGATLAH SEBUAH HADIST YANG MENERANGKAN SEPERTI INI . WAHAI MUHAMMAD APAKAH PENDUDUK THA,IP AKU MUSNAHKAN SAJA APA JAWAB MUHAMMAD KALO PENDUDUK ITU MUSNAH KEPADA SIAPA AKU AKAN MENYEBARKAN ISLAM . KALO MUHAMMAD MAU MUSNAHLAH BANI THA,IP .AHIR KATA SAYA HANYA BISA BERKATA ALLOH BERPIRMAN SESUNGGUHNYA ALLOH MENCINTAI ORANG YANG BERPIKIR DAN BERAKAL. NA UDZU BILAH MINDZALIK .. INI KOMENTAR BUAT KRAKATOA

    Balas

  12. SOBIRIN
    Jun 18, 2011 @ 15:37:40

    MASALAH TAHUN BARU ITU URUSAN MASING MASING KITA WAJIB MENGHORMATINYA ITU TIDAK APA APA YANG TIDAK BOLEH KITA IKUT MEYAKININYA ISLAM ADLAH RAHMATAN LIL ALAMIN MASALAH TAHUN BARU ADALAH PENANGGALAN SAJA ORANG LAIN MASUK ISLA M KARNA TERTARIK DAN SUKA KARNA COCOK DENGAN HATI MEREKA

    Balas

  13. Meidy Runtupalit
    Agu 18, 2011 @ 12:50:24

    tulisan-tulisan yang bagus…..salam damai!

    Balas

  14. abdel
    Sep 25, 2011 @ 03:08:53

    kalo menurut saya pribadi.
    kita sebagai manusia yang punya agama, gak boleh seperti itu. sebenarnya, saya sebagai muslim juga merasa sedih dan aneh. smua nya sperti itu. gak berkpri manusia. kita punya pancasila. tp, pancasila itu cm ada gitu aja.kita muslim yang sering ngomong2in orang. terlalu jahat omongan kita ke pada mereka yang berbeda agam. agama itu ada 5. gak cm islam aja yang ada.

    apa lagi setelah saya baca artikel ini. muak saya bacanya. bukannya mengajarkan yang halus dan sopan. malah mencaci mereka.

    banyak kemunafikan yang kita lakukan. aku ingin, suatu hari nanti. kita semua , 5 agama ini bisa bersatu dan damai.

    Balas

  15. abdel
    Sep 25, 2011 @ 03:11:10

    saya minta, jika kita punya teman yang berda agama mau itu budha, hindu,kristen.. bersikap lah baik.bersikap kita punya agama . jangan sprti punya agama, tp agama yang menyeramkan,,sadis.

    Balas

  16. roni bini husen
    Okt 14, 2011 @ 06:35:34

    25 desember bukan tanggal kelahiran tuhan umat kristen, melainkan menghormati dewa matahari.

    Untuk lebih jelas perdalam kembali al quran dengan akal dan fikiran,

    Search d youtube kata ini “biarawati masuk islam, atau yahya waloni”. Insya allah mendapat penjelasan yang akan menguatkan akidah kita,,
    Sambil liat video’y hati tetap dzikir ya,,,

    Balas

  17. mbahwek
    Des 22, 2011 @ 19:55:54

    Walah, sampeyan iku wong munafik tenan, pantese urip nang arab pisan ae mas. Ngganggep wong liya kafir pisan, islam iku dudu agama sing paling bener. lah malah bingung sirik karo wong liya, hahaha ….
    Pertanyaane siji le, sopo sing dadi imam mahdi yen sesuk jaman akhir iku teka, bukaen mane alquranmu, yen ndak ketemu tekoo kyaimu …
    coba ditilik maneh opo sing nggawe tentrem atimu saiki karo sesuk wayahe 🙂

    (yen ora iso boso jowo, translaten dhisik, takoo wong pondhokkan, mesti ngerti)

    Balas

  18. Felixs Adi Kartanegara
    Okt 07, 2012 @ 20:05:31

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA
    INI ADALAH ORANG YANG MERUSAK INDONESIA KAWAN
    ALIAS SETAN ADU DOMBA SAMA AJA KAYA PARA KORUPSI – KORUPSI DINEGARA KITA YANG KATANYA ALIM TERSEBUT ..
    INGAT INDONESIA ITU SUDAH JELAS
    { BHINEKA TUNGGAL IKA }
    PERHATIKAN MULUTMU KARNA DARI MULUTMU AKAN MERUSAK AGAMAMU SENDIRI SOBAT ..
    SAYA SUDAH LAPORKAN BLOG INI ..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: